Sirkuit Mandalika Dibuka untuk Umum, Siap Gelar Track Day

Kompas.com - 09/05/2022, 09:12 WIB
Pertamina Mandalika International Circuit siap dibuka untuk umum Dok. MGPAPertamina Mandalika International Circuit siap dibuka untuk umum

JAKARTA, KOMPAS.com - Sukses menggelar World Superbike (WorldSBK) dan MotoGP, Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, siap membuka pintunya untuk umum. Dalam waktu dekat, sirkuit ini akan digunakan untuk track day.

Setelah menjadi tuan rumah untuk MotoGP Mandalika pada 18-19 Maret 2022, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) melakukan diskusi dengan berbagai promotor balap lokal, nasional maupun internasional, untuk mengadakan acara di sirkuit ini.

Baca juga: Pertamina Sentil Mandalika Racing Team Agar Mau Klarifikasi

Selain itu, MGPA juga melakukan diskusi dengan berbagai konsultan dari luar negeri yang sudah biasa menangani berbagai sirkuit balap ternama untuk mendapatkan berbagai masukan mengenai desain sirkuit, penambahan sirkuit untuk berbagai kegiatan balap lainnya, maupun permukaan lintasan sirkuit.

Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok. Dok. Chaerul Manek Ismail/Shutterstock.com Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok.

Priandhi Satria, Direkur Utama MGPA, mengatakan, beberapa promotor nasional dan asing telah datang dan melihat langsung berbagai fasilitas di dalam area Pertamina Mandalika International Circuit, seperti paddock, pit lane, timing system, CCTV lintasan, pos marshal serta lintasannya sendiri.

"Hingga saat ini, pihak MGPA masih terus melakukan diskusi dengan berbagai promotor baik lokal, nasional maupun internasional," ujar Andhi, dalam keterangan resminya.

Baca juga: MRTI Lunasi Utang pada Dimas Ekky, Tinggal Urusan dengan StyloBike

Andhi menambahkan, dalam waktu dekat ini, Sirkuit Mandalika akan menggelar beberapa kegiatan, yakni Pertamina Mandalika International Circuit Track Day dan Honda Media Day.

Foto udara pekerja menyelesaikan pengecatan ornamen Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (5/11/2021). Pengecatan sudut trek, kerb dan tepian trek sirkuit Mandalika menggunakan tiga warna penting yakni warna merah putih yang menandakan kerb yang berfungsi sebagai pemandu pembalap di lintasan dan warna hijau yang merupakan track limit atau pembatas trek yang ketika pembalap menyentuh garis tersebut akan dikenakan penalti. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI Foto udara pekerja menyelesaikan pengecatan ornamen Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (5/11/2021). Pengecatan sudut trek, kerb dan tepian trek sirkuit Mandalika menggunakan tiga warna penting yakni warna merah putih yang menandakan kerb yang berfungsi sebagai pemandu pembalap di lintasan dan warna hijau yang merupakan track limit atau pembatas trek yang ketika pembalap menyentuh garis tersebut akan dikenakan penalti. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.

"Mandalika Track Day ini merupakan acara MGPA dengan kegiatan motorsport baik roda dua maupun roda empat yang diberikan izin untuk memasuki dan merasakan lintasan Pertamina Mandalika International Circuit yang akan dilangsungkan pada tanggal 21-22 Mei 2022," kata Andhi.

Andhi mengatakan, tujuan utama acara yang dibuat MGPA ini adalah dalam rangka memperkenalkan Pertamina Mandalika International Circuit kepada penggemar otomotif, baik pebalap maupun komunitas.

Penampakan lintasan dari bukit 360KOMPAS.COM/IDHAM KHALID Penampakan lintasan dari bukit 360

Sementara untuk Honda Media Day, digelar oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) dengan kegiatan memperkenalkan salah satu mobil baru dan mengujinya di Sirkuit Mandalika.

"Honda ingin memperkenalkan dan menguji produk mereka dengan mempergunakan lintasan Pertamina Mandalika International Circuit yang terdapat berbagai macam lintasan, seperti lintasan panjang untuk menguji performa mesin dan pengereman, serta berbagai tikungan untuk menguji performa suspensi, serta berbagai hal lainnya," ujar Andhi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.