Kompas.com - 06/05/2022, 17:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur lebaran akan segera berakhir. Beberapa kantor di Jakarta kembali melakukan aktivitasnya per 9 April 2022 atau satu minggu setelah lebaran.

Oleh karena itu, arus balik pemudik dari kampung halamannya ke Jakarta diprediksi terjadi pada tanggal 7 sampai 8 Mei 2022.

Salah satu moda transportasi yang bisa diandalkan saat mau balik ke Jakarta adalah dengan naik bus AKAP. Bus memberi rasa nyaman kepada pemudik karena tidak perlu lelah menyetir selama perjalanan.

Baca juga: Arus Balik Penumpang Bus AKAP di Terminal Kalideres Masih Sepi


Apalagi ketika mudik kemarin, terlihat jalanan sangat padat oleh kendaraan pribadi. Ketika naik bus, penumpang tinggal membayar tiket dan duduk santai, bahkan kerap mendapatkan servis makan di restoran.

Ditambah, bus-bus AKAP saat ini sudah bisa diandalkan soal kenyamanannya. Beberapa PO ada yang menawarkan kelas Super Executive di mana bangku yang digunakan sangat lebar dan pastinya nyaman.

Tapi perlu diperhatikan ketika masa arus balik seperti sekarang, harga tiketnya memang jadi lebih mahal. Biasanya untuk bus trayek Semarang-Jakarta, dibanderol Rp 200.000, namun sekarang harganya naik bisa sampai 100 persen.

Baca juga: Ramai Disebut Saat Arus Mudik Lebaran, Apa Itu Contraflow?

Penyebab dari kenaikan harga tiket tersebut karena banyaknya permintaan penumpang dari arah Semarang ke Jakarta. Namun untuk arah sebaliknya yakni Jakarta-Semarang, penumpangnya jauh lebih sedikit, bahkan kerap kosong.

Oleh karena itu, untuk menutupi biaya operasional bus karena tidak mengangkut penumpang dari Jakarta, harga tiket yang ke arah Jakarta saat ini dinaikkan.

Berikut ini redaksi Kompas.com kumpulkan beberapa operator bus AKAP yang melayani rute Semarang-Jakarta:

Cahaya Trans Executive Rp 495.000

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.