Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laksana Siap Kolaborasi dengan PO Bikin Bus UHD

Kompas.com - 04/05/2022, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

UNGARAN, KOMPAS.com - Karoseri pembuat bodi bus di Indonesia saat ini semakin beragam pilihan bodinya. Mulai dari model single deck sampai double decker pun tersedia, bisa dipilih.

Untuk model single deck, terbagi lagi jadi high deck, super high deck, dan Ultra High Deck atau UHD. Bisa dilihat dari penamaan tersebut, setiap model punya dimensi tinggi yang berbeda, paling tinggi adalah UHD.

UHD bisa dibilang punya tinggi menyerupai bus tingkat, sekitar empat meter, namun hanya ada dek di atas. Sedangkan bagian bawahnya hanya diisi kabin pengemudi dan bagasi yang sangat tinggi.

Baca juga: Imbas One Way, Sejumlah Bus Telat Berangkat dari Jakarta

Bus AKAP baru PO Sinar Jaya Suites ClassDOK. LAKSANABUS Bus AKAP baru PO Sinar Jaya Suites Class

Saat ini sudah ada dua karoseri yang memiliki produk bus UHD, yakni Adiputro (Jetbus 3+ UHD) dan Tentrem (Avante D1). Karoseri lainnya, seperti Laksana sampai saat ini masih belum membuat model yang serupa.

Produk single deck paling tinggi dari Laksana punya nama Legacy SR2 XHD yang tingginya sekitar 3,9 meter. Lalu apa dengan hadirnya dua produk UHD dari karoseri lain, apa Laksana tidak ikut membuatnya?

Stefan Arman, Technical Director CV Laksana mengatakan, untuk model UHD kalau sudah ada permintaan dari operator bus, akan dipertimbangkan.

Baca juga: Ketahui Bahaya Langsung Injak Rem Saat Pecah Ban di Jalan Tol

"Jadi di Laksana, kita selalu berkolaborasi dengan operator. Kita sadar, pada akhirnya yang penting adalah penumpang," ucap Stefan dalam acara Private Showcase di Ungaran belum lama ini.

Sedangkan penumpang ikatannya lebih dekat dengan operator bus. Jadi saran yang diberikan penumpang ditampung ke operator, lalu dari operator bisa disampaikan ke karoseri untuk menghasilkan produk baru.

"Saya kira mereka (operator) lebih tahu apa yang sebenarnya para penumpang harapkan atau hal-hal yang jadi masalah saat mereka berkendara. Saya dan tim selalu menerima segala masukan," ucapnya.

New Tourista dan Legacy SR2 Panorama buatan Karoseri LaksanaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI New Tourista dan Legacy SR2 Panorama buatan Karoseri Laksana

Produk-produk hasil kolaborasi Laksana dengan operator bus saat ini sudah cukup banyak. Misalnya ada bodi Legacy Transporter yang bagasinya sangat lega serta Suites Class yang nyaman, keduanya adalah hasil kolaborasi dengan PO Sinar Jaya.

Kemudian ada juga bodi baru Laksana, yakni Legacy SR2 Panorama Single Glass yang merupakan hasil kolaborasi dengan PO SAN.

Oleh karena itu, menarik untuk ditunggu akan seperti apa produk-produk baru dari Karoseri Laksana. Apakah UHD buatan Laksana akan segera diwujudkan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com