Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pergerakan Penumpang Bus Periode Lebaran Tercatat 1,2 Juta Orang

Kompas.com - 06/05/2022, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergerakan orang mudik ke kampung halamannya masih tinggi sampai H2 Lebaran, Selasa (3/5/2022). Salah satu moda yang digunakan adalah dengan naik bus antarkota dan antarprovinsi (AKAP).

Berdasarkan data yang dihimpun Posko Angkutan Lebaran Terpadu tahun 2022, pergerakan arus mudik penumpang angkutan umum pada H2 Lebaran meningkat jika dibandingkan hari pertama Lebaran.

“Meski jumlahnya masih tidak sebesar pada puncak arus mudik, pergerakan arus mudik penumpang angkutan umum di hari kedua Lebaran kemarin masih cukup tinggi jika dibandingkan dengan hari biasa,” ucap Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Rabu (4/5/2022).

Baca juga: Bus Pariwisata Terbalik Saat Dipakai Mudik, Pengemudi Harus Tahu Medan


Adapun data sementara pergerakan penumpang untuk angkutan bus pada hari kedua Lebaran kemarin, sebanyak 143.361 penumpang. Jumlah tersebut meningkat dua kali lipat lebih, atau 128,4 persen, jika dibandingkan dengan hari biasa sebanyak 62.760 penumpang.

Baca juga: Jangan Sampai Terjebak, Ini Jadwal One Way dan Ganjil Genap Arus Balik

Secara kumulatif (H-7 sampai hari kedua Lebaran), jumlah pergerakan penumpang pada angkutan bus tercatat 1.209.227 penumpang.

Pergerakan paling padat tercatat di lima terminal, yakni Kertonegoro Ngawi, Ir. Soekarno Klaten, Giwangan Yogyakarta, Tirtonadi Solo, dan Purboyo Madiun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com