Arus Balik Penumpang Bus AKAP di Terminal Kalideres Masih Sepi

Kompas.com - 06/05/2022, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergerakan penumpang bus AKAP arus balik menuju Jakarta masih belum ada lonjakan sampai Kamis (5/5/2022) sore.

Pantauan ini dilakukan di Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Soal pergerakan penumpang ini pun disampaikan oleh Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen dan diprediksi baru melonjak pada Sabtu (7/6/2022) dini hari.

Dikutip dari Kompas Megapolitan, Revi mengatakan sampai Kamis, masih belum terlihat adanya lonjakan penumpang bus AKAP di Terminal Kalideres.

Baca juga: Pergerakan Penumpang Bus Periode Lebaran Tercatat 1,2 Juta Orang


"Kalau saat ini belum terlihat lonjakan arus balik. Saya perkirakan puncak arus balik penumpang nanti terjadi pada Sabtu atau Minggu akhir pekan ini," kata Revi di Terminal Kalideres, Kamis (5/5/2022).

Datangnya penumpang arus balik di hari Sabtu dan Minggu ini berdasarkan beberapa alasan. Pertama adalah jadwal masuk mayoritas kantor di Jakarta baru dimulai pada Senin (9/5/2022).

Kemudian, bus AKAP yang tujuan akhirnya di Terminal Kalideres kebanyakan berasal dari daerah yang jauh, seperti Sumatera dan arah timur seperti Jawa Timur.

Baca juga: Update Harga Aki Mobil per Mei 2022

Oleh karena itu, perjalanan menuju Jakarta bisa saja ditempuh lebih dari 12 jam.

Pada Kamis hingga pukul 17.30 WIB, sebanyak 404 penumpang dan 98 bus dari luar kota tiba di Terminal Kalideres, Jakarta Barat.

"Mereka mayoritas itu datang dari daerah yang dekat, tidak begitu jauh, seperti Banten, Jawa Barat, dan sebagian Jawa Tengah," kata Revi.

Pada hari kedua Lebaran, Selasa (3/5/2022), tercatat sebanyak 213 penumpang tiba di Terminal Kalideres dengan menumpang 86 bus.

Rabu (4/5/2022), dengan menumpang 102 bus, tercatat sebanyak 367 penumpang tiba di Terminal Kalideres.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.