Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik Penumpang Bus AKAP di Terminal Kalideres Masih Sepi

Kompas.com - 06/05/2022, 13:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergerakan penumpang bus AKAP arus balik menuju Jakarta masih belum ada lonjakan sampai Kamis (5/5/2022) sore.

Pantauan ini dilakukan di Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Soal pergerakan penumpang ini pun disampaikan oleh Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen dan diprediksi baru melonjak pada Sabtu (7/6/2022) dini hari.

Dikutip dari Kompas Megapolitan, Revi mengatakan sampai Kamis, masih belum terlihat adanya lonjakan penumpang bus AKAP di Terminal Kalideres.

Baca juga: Pergerakan Penumpang Bus Periode Lebaran Tercatat 1,2 Juta Orang


"Kalau saat ini belum terlihat lonjakan arus balik. Saya perkirakan puncak arus balik penumpang nanti terjadi pada Sabtu atau Minggu akhir pekan ini," kata Revi di Terminal Kalideres, Kamis (5/5/2022).

Datangnya penumpang arus balik di hari Sabtu dan Minggu ini berdasarkan beberapa alasan. Pertama adalah jadwal masuk mayoritas kantor di Jakarta baru dimulai pada Senin (9/5/2022).

Kemudian, bus AKAP yang tujuan akhirnya di Terminal Kalideres kebanyakan berasal dari daerah yang jauh, seperti Sumatera dan arah timur seperti Jawa Timur.

Baca juga: Update Harga Aki Mobil per Mei 2022

Oleh karena itu, perjalanan menuju Jakarta bisa saja ditempuh lebih dari 12 jam.

Pada Kamis hingga pukul 17.30 WIB, sebanyak 404 penumpang dan 98 bus dari luar kota tiba di Terminal Kalideres, Jakarta Barat.

"Mereka mayoritas itu datang dari daerah yang dekat, tidak begitu jauh, seperti Banten, Jawa Barat, dan sebagian Jawa Tengah," kata Revi.

Pada hari kedua Lebaran, Selasa (3/5/2022), tercatat sebanyak 213 penumpang tiba di Terminal Kalideres dengan menumpang 86 bus.

Rabu (4/5/2022), dengan menumpang 102 bus, tercatat sebanyak 367 penumpang tiba di Terminal Kalideres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com