Pembuktian Skuter Listrik Yamaha E01 Bakal Dilakukan di Indonesia

Kompas.com - 22/04/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comYamaha Motor Company (YMC) bakal menginisiasi uji coba prototipe motor listrik Yamaha E01 dalam program Proof of Concept (PoC).

Seperti diketahui, skuter listrik E01 yang pernah dipamerkan dalam ajang IIMS 2022 yang baru berakhir, beberapa pekan lalu. Skuter listrik ini statusnya memang masih produk konsep dan masih akan terus diriset dan dikembangkan oleh Yamaha Jepang.

Selain Jepang, uji coba ini turut melibatkan enam negara, termasuk Eropa, Taiwan, Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Baca juga: Imbas Kecelakaan, Pelintasan KRL di Rawa Geni Ditutup Permanen

Yamaha E01 alias NMAX ListrikDok. Yamaha Yamaha E01 alias NMAX Listrik

Menurut Proof of Concept (PoC) Planner Yamaha Motor Nomura Yasushi, pengujian skuter listrik E01 di enam negara berbeda sengaja dilakukan agar dapat mengetahui berbagai masukan.

Mengingat setiap wilayah pengujian memiliki karakteristik berbeda-beda, baik dari segi kondisi cuaca, jalan, termasuk juga kebiasaan pengendara.

"Sebagai contoh, Thailand dan Indonesia yang beriklim tropis, Taiwan beriklim subtropis, dan iklim di Jepang serta Eropa sedang. Dengan melakukan pengujian BOC di berbagai iklim, kita dapat memperoleh berbagai wawasan," ujar Nomura, dalam konferensi virtual (21/4/2022).

Baca juga: Mengaku Polisi, Pria Menghalangi Ambulans yang Membawa Pasien Darurat

Pengujian POC rencananya dilakukan melalui perantara leasing, perusahaan platform penyewaan motor, dan perusahaan pengiriman barang.

"Kami juga mencoba melakukan pengujian terhadap kondisi mengemudi di setiap negara. Misal di Eropa dan Malaysia kendaraan (skuter E01) bisa dipacu secara cepat di jalur ekspres (tol),” kata Nomura.

“Lalu Indonesia, Thailand, dan Jepang, orang-orang di sini sering bepergian terutama di dalam kota, tetapi juga lintas kota. Kemudian di Taiwan (riset dilakukan) untuk pertukaran baterai dan stasiun pengisian (baterai kendaraan listrik)," ucap Nomura.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.