Pengendara Motor, Ingat Lagi Bahaya Menyalip dari Sebelah Kiri

Kompas.com - 22/04/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berkendara, menyalip jadi suatu hal yang lazim dilakukan dan terkadang tidak bisa dihindari. Namun, mendahului kendaraan lain tetap harus dengan pertimbangan, agar terhindar dari potensi terserempet atau tabrakan dengan kendaraan dari arah berlawanan.

Menyalip dari kanan meningkatkan potensi tabrakan dengan kendaraan dari berlawanan arus, jika tidak hati-hati.

Namun, menyalip dari kiri juga ada risikonya sendiri. Ini tidak dianjurkan kecuali dalam keadaan darurat, seperti kecelakaan lalu lintas, kendaraan mogok, dan sebagainya.

Kecelakaan yang terjadi baru-baru ini, pengendara motor berusia 72 tahun tewas terlindas truk gandeng akibat menyalip, di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timus, Kamis (21/4/2022) pagi.

Baca juga: Cerita Warga Rawa Geni, Sudah Banyak Kecelakaan di Pelintasan Kereta

Kanit Laka Lantas Polres Nganjuk Iptu Sugino menjelaskan, insiden bermula saat pengendara motor tersebut bermaksud mendahului truk gandeng dari sisi kiri. Namun, ia tergelincir dan terlindas roda kiri truk.

"Saat sepeda motor Honda Supra mendahului dari sebelah kiri, tiba-tiba tergelincir dan pengendara terjatuh ke kanan atau ke utara hingga terlindas roda kiri truk," ucap Sugino seperti dikutip Kompas Regional, Kamis (21/4/2022).

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani menjelaskan, bahaya yang bisa terjadi untuk pengendara motor saat menyalip dari sisi kiri adalah motor yang lambat atau obyek lain di sisi tersebut.

Ilustrasi pengendara motorKOMPAS.com/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Ilustrasi pengendara motor

"Bahaya menyalip dari sisi kiri biasanya ada motor atau obyek lainnya yang berjalan di depan mobil. Biasanya dalam kondisi ini mobil lebih ke kanan, membuat lajur kiri terlihat lebih lega," ucap Agus.

Di samping itu, sisi kiri memiliki blind spot yang terlampau lebih besar, khususnya untuk truk. Semakin besar dimensi bodi kendaraan, maka semakin besar pula titik butanya.

Baca juga: KAI Bakal Tuntut Pengemudi Mobil yang Tabrakan dengan KRL di Depok

"Terkadang mobil tiba-tiba belok kiri karena merasa lajur kiri merupakan lajur yang aman. Orang juga seharusnya mendahului dari sisi kanan," ucap Agus.

Yang terpenting, sebelum menyalip, pengendara motor harus memastikan bahwa keadaan area jalan di depannya sudah aman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.