Imbas Kecelakaan, Pelintasan KRL di Rawa Geni Ditutup Permanen

Kompas.com - 21/04/2022, 11:40 WIB
|

DEPOK, KOMPAS.com – Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan Honda Mobilio dengan KRL Commuter Line terjadi di pelintasan Citayam-Depok, tepatnya di Jalan Raya Rawa Geni, Rabu (20/4/2022). Buntut dari peristiwa ini, PT KAI akhirnya menutup secara permanen pelintasan sebidang tersebut.

Hal ini sesuai dengan UU 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian Pasal 94 menyatakan, “Untuk keselamatan perjalanan kereta api dan pemakai jalan, perlintasan sebidang yang tidak mempunyai izin harus ditutup.”

Penutupan akses ini berdampak bagi warga Cipayung ataupun Citayam yang ingin menuju ke kawasan Margonda, ataupun rute sebaliknya.

Baca juga: KAI Bakal Tuntut Pengemudi Mobil yang Tabrakan dengan KRL di Depok

Perlintasan sebidang kereta api di Jalan Raya Rawa Geni, Cipayung, Depok, ditutup permanen.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Perlintasan sebidang kereta api di Jalan Raya Rawa Geni, Cipayung, Depok, ditutup permanen.

Mereka harus memutar lebih jauh, yang berkonsekuensi pada rute yang lebih jauh dan waktu tempuh yang lebih lama dari sebelumnya.

“Mengenai penutupan ini, kami merasa sedih karena pelintasan dipakai orang lalu lalang untuk pulang atau berangkat kerja. Sebelum ditutup, pelintasan ini memang memudahkan,” ujar Ahmad Yani Nurdin (56), warga yang bermukim di kawasan Rawa Geni, kepada Kompas.com (21/4/2022).

Meski begitu, mantan Ketua RT 003 RW 009, Kelurahan Ratu Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, ini menyerahkan sepenuhnya kepada PT KAI.

Baca juga: Pertamax Rp 12.500, Isi BBM Full Mitsubishi Xpander Tembus Rp 562.500

“Kalau masalah keberatan, kami kembalikan lagi bagaimana warganya. Kan ini memang pelintasan yang vital untuk sarana dan prasarana orang yang mau berangkat kerja,” ucap Nurdin.

“Saya sendiri sebagai mantan ketua RT di sini, hak PT KAI tidak bisa kita tolak karena sudah ada aturannya. Apa yang jadi wewenang KAI, itu jadi haknya,” kata dia.

Menurutnya, pelintasan sebidang di Jalan Raya Rawa Geni sudah ada sejak dulu. Bahkan, semenjak 30 tahun yang lalu sudah bisa dipakai motor dan mobil, dari Depok menuju Citayam atau sebaliknya.

Baca juga: Arus Mudik, Kendaraan dari Bandung ke Jakarta Dialihkan Lewat Arteri

Perlintasan sebidang kereta api di Jalan Raya Rawa Geni, Cipayung, Depok, ditutup permanen.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Perlintasan sebidang kereta api di Jalan Raya Rawa Geni, Cipayung, Depok, ditutup permanen.

“Saya mengambil kesimpulan, kalau sini ditutup, otomatis satu-satunya jalan kita lewat Dipo. Cuma di sana sangat disayangkan, posisi dua mobil saja enggak masuk,” kata Nurdin.

“Kalau yang punya kendaraan mudah saja, tapi yang enggak punya kendaraan kasihan kalau harus memutar. Yang naik ojek online dan sebagainya, setidaknya keluar biaya juga (karena rute lebih jauh),” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.