Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pembuktian Skuter Listrik Yamaha E01 Bakal Dilakukan di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com – Yamaha Motor Company (YMC) bakal menginisiasi uji coba prototipe motor listrik Yamaha E01 dalam program Proof of Concept (PoC).

Seperti diketahui, skuter listrik E01 yang pernah dipamerkan dalam ajang IIMS 2022 yang baru berakhir, beberapa pekan lalu. Skuter listrik ini statusnya memang masih produk konsep dan masih akan terus diriset dan dikembangkan oleh Yamaha Jepang.

Selain Jepang, uji coba ini turut melibatkan enam negara, termasuk Eropa, Taiwan, Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Menurut Proof of Concept (PoC) Planner Yamaha Motor Nomura Yasushi, pengujian skuter listrik E01 di enam negara berbeda sengaja dilakukan agar dapat mengetahui berbagai masukan.

Mengingat setiap wilayah pengujian memiliki karakteristik berbeda-beda, baik dari segi kondisi cuaca, jalan, termasuk juga kebiasaan pengendara.

"Sebagai contoh, Thailand dan Indonesia yang beriklim tropis, Taiwan beriklim subtropis, dan iklim di Jepang serta Eropa sedang. Dengan melakukan pengujian BOC di berbagai iklim, kita dapat memperoleh berbagai wawasan," ujar Nomura, dalam konferensi virtual (21/4/2022).

Pengujian POC rencananya dilakukan melalui perantara leasing, perusahaan platform penyewaan motor, dan perusahaan pengiriman barang.

"Kami juga mencoba melakukan pengujian terhadap kondisi mengemudi di setiap negara. Misal di Eropa dan Malaysia kendaraan (skuter E01) bisa dipacu secara cepat di jalur ekspres (tol),” kata Nomura.

“Lalu Indonesia, Thailand, dan Jepang, orang-orang di sini sering bepergian terutama di dalam kota, tetapi juga lintas kota. Kemudian di Taiwan (riset dilakukan) untuk pertukaran baterai dan stasiun pengisian (baterai kendaraan listrik)," ucap Nomura.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/22/080200615/pembuktian-skuter-listrik-yamaha-e01-bakal-dilakukan-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke