Jelang Mudik, 180 Bus di Terminal Jatijajar Masih Belum Laik Jalan

Kompas.com - 20/04/2022, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok telah melakukan ramp check atau pemeriksaan fisik dan kelengkapan surat terhadap sejumlah bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Jatijajar sejak Minggu (19/4/2022).

Kepala Dishub Kota Depok, Eko Herwiyanto menjelaskan bahwa total bus yang diperiksa kelengkapannya mencapai 180 armada kendaraan.

Selain Dishub Kota Depok, pengecekan juga dilakukan oleh unit pengawasan angkutan di Terminal Jatijajar.

Baca juga: Polres Metro Bekasi Siaga Arus Mudik Lebaran 2022, Ini Lokasinya

Namun Eko mengatakan, hingga 14 April 2022 Dishub masih menemukan beberapa bus yang belum memenuhi standar operasional atau tidak laik jalan, seperti spion yang pecah atau lampu yang tidak berfungsi dengan baik.

"Dalam ramp check ditemukan mobil kurang lengkap seperti, spion pecah, lampu-lampu masih kurang laik dan kendala lainnya," ucap Eko seperti dikutip Kompas Megapolitan, Selasa (19/4/2022).

Mengatasi hal ini, Eko menjelaskan bahwa pihak terminal atau unit yang bertanggung jawab atas pemberangkatan akan menindaklanjuti temuan armada yang tidak laik jalan.

Kemudian, Eko memastikan bahwa armada yang ada di Terminal Jatijajar akan dilengkapi dengan fasilitas sesuai dengan standar operasional, satu minggu jelang Lebaran.

Para penumpang di Terminal Jatijajar memilih berangkat mudik lebih awal lantaran mengejar harga tiket yang murah, Senin (18/4/2022).M Chaerul Halim Para penumpang di Terminal Jatijajar memilih berangkat mudik lebih awal lantaran mengejar harga tiket yang murah, Senin (18/4/2022).

Baca juga: Polda Metro Mau Terapkan Batas Kecepatan Maksimum di Arteri Jakarta

"Untuk memastikan yang belum dilengkapi, nanti akan kembali dicek langsung dari pihak terminal selaku unit yang melakukan pengawasan angkutan," ucap Eko.

Armada yang belum lengkap diharapkan sudah laik jalan satu minggu sebelum Lebaran, sehingga dapat mendukung pelaksanaan mudik Lebaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.