Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Mudik, 180 Bus di Terminal Jatijajar Masih Belum Laik Jalan

Kompas.com - 20/04/2022, 08:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok telah melakukan ramp check atau pemeriksaan fisik dan kelengkapan surat terhadap sejumlah bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Jatijajar sejak Minggu (19/4/2022).

Kepala Dishub Kota Depok, Eko Herwiyanto menjelaskan bahwa total bus yang diperiksa kelengkapannya mencapai 180 armada kendaraan.

Selain Dishub Kota Depok, pengecekan juga dilakukan oleh unit pengawasan angkutan di Terminal Jatijajar.

Baca juga: Polres Metro Bekasi Siaga Arus Mudik Lebaran 2022, Ini Lokasinya

Namun Eko mengatakan, hingga 14 April 2022 Dishub masih menemukan beberapa bus yang belum memenuhi standar operasional atau tidak laik jalan, seperti spion yang pecah atau lampu yang tidak berfungsi dengan baik.

"Dalam ramp check ditemukan mobil kurang lengkap seperti, spion pecah, lampu-lampu masih kurang laik dan kendala lainnya," ucap Eko seperti dikutip Kompas Megapolitan, Selasa (19/4/2022).

Mengatasi hal ini, Eko menjelaskan bahwa pihak terminal atau unit yang bertanggung jawab atas pemberangkatan akan menindaklanjuti temuan armada yang tidak laik jalan.

Kemudian, Eko memastikan bahwa armada yang ada di Terminal Jatijajar akan dilengkapi dengan fasilitas sesuai dengan standar operasional, satu minggu jelang Lebaran.

Para penumpang di Terminal Jatijajar memilih berangkat mudik lebih awal lantaran mengejar harga tiket yang murah, Senin (18/4/2022).M Chaerul Halim Para penumpang di Terminal Jatijajar memilih berangkat mudik lebih awal lantaran mengejar harga tiket yang murah, Senin (18/4/2022).

Baca juga: Polda Metro Mau Terapkan Batas Kecepatan Maksimum di Arteri Jakarta

"Untuk memastikan yang belum dilengkapi, nanti akan kembali dicek langsung dari pihak terminal selaku unit yang melakukan pengawasan angkutan," ucap Eko.

Armada yang belum lengkap diharapkan sudah laik jalan satu minggu sebelum Lebaran, sehingga dapat mendukung pelaksanaan mudik Lebaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com