Polda Metro Mau Terapkan Batas Kecepatan Maksimum di Arteri Jakarta

Kompas.com - 19/04/2022, 03:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya tengah mempersiapkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) untuk pelanggar batas kecepatan maksimum pada jalur arteri di Jakarta dan sekitar yang rawan terjadi kecelakaan.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

“Kita akan lanjutkan speeding camera, ini tidak hanya di jalan tol tetapi juga di jalur-jalur arteri non tol, khususnya di jalan-jalan yang sering terjadi kecelakaan dan sering terjadi pelanggaran batas kecepatan,” ujar Sambodo dikutip dari Kompas.com, Senin (18/4/2022).

Baca juga: Cara Pasang Segitiga Pengaman yang Benar di Bahu Jalan Tol

Sambodo melanjutkan, saat ini pihaknya masih melakukan survei. Namun, ia mengaku sudah ada beberapa kamera tilang elektronik yang telah terpasang.

Selain itu, pihaknya juga masih melaksanakan kajian legalitas terhadap alat bukti pelanggaran yang dihasilkan oleh sistem kamera tilang elektronik.

Sejumlah kendaraan melintas di ruas jalur arteri Cianjur, Jawa Barat belum lama ini. Pemudik via Cianjur diprediksi akan mulai memenuhi ruas jalan ini terhitung Jumat besokKOMPAS.com/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Sejumlah kendaraan melintas di ruas jalur arteri Cianjur, Jawa Barat belum lama ini. Pemudik via Cianjur diprediksi akan mulai memenuhi ruas jalan ini terhitung Jumat besok

“Sekarang masih survei. Ada beberapa titik yang sebenarnya sudah dipasang, namun masih dalam tahap kita untuk meyakinkan apakah hasil capture kamera itu memenuhi legalitas standar sebagai bukti,” katanya.

Pihak kepolisian juga akan segera menyampaikan hasil evaluasi selama satu bulan terakhir terhadap kinerja kamera pengukur kecepatan untuk ETLE yang saat ini terpasang di jalan tol.

“Dalam waktu satu bulan ini, kami akan evaluasi apakah dengan adanya ETLE di jalan tol khususnya terhadap batas kecepatan apakah berpengaruh terhadap menurunnya angka kecelakaan, baik dari segi jumlah dan tingkat fatality kecelakaan,” ucap Sambodo.

Baca juga: Jelang Mudik, Toyota Kasih Diskon Khusus Servis Mobil

Meski begitu, menurut Sambodo, berdasarkan hasil evaluasi sementara, tercatat adanya penurunan angka pelanggar di titik yang telah terpasang kamera tilang elektronik untuk batas kecepatan maksimum di tol.

Pihak kepolisian juga akan terus mengembangkan sistem penegakan hukum lalu lintas berbasis tilang elektronik lewat kerja sama dengan pihak terkait.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.