Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Bus Baru Karoseri Adiputro, Siap Melayani Mudik Lebaran

Kompas.com - 13/04/2022, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini sudah mulai membaik. Oleh karena itu, mudik menjelang lebaran di 2022 ini pun kembali bisa dilakukan masyarakat Indonesia.

Setelah dua tahun tidak ada mudik, tentu ini menjadi momen penting karena bisa pulang ke kampung halaman. Persiapan angkutan mudik pun dilakukan, salah satunya dari PO bus yang menambah armada baru.

Misalnya seperti PO Ramayana, PO Garuda Mas, dan PO pendatang baru Berlian Jaya yang belum lama ini mengambil armada baru dari Karoseri Adiputro.

Baca juga: Daftar Terminal Bus AKAP di Jakarta untuk Mudik Lebaran 2022

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Tercatat ada lima bus baru PO Ramayana, dua milik PO Garuda Mas, dan dua lagi milik Berlian Jaya. Jadi secara total, ada sembilan bus baru yang keluar dari Karoseri Adiputro dalam satu hari.

Pertama ada lima bus PO Ramayana, kelimanya menggunakan bodi Jetbus 3+ HDD dengan sasis Hino. Sedangkan kabinnya, diisi bangku yang disusun 2-2 dan tanpa toilet.

Sedangkan untuk bus milik PO Garuda Mas, menggunakan bodi Jetbus 3+ MHD Single Glass di atas sasis Hino. Untuk bagian kabin, diisi dengan bangku susunan 2-2 dan ada toilet serta sekat di bagian depan.

Baca juga: Antisipasi Kepadatan Mudik, Polisi Siapkan Skema Ganjil Genap sampai One Way

Kemudian untuk milik PO Berlian Jaya, menggunakan bodi Jetbus 3+ MHD dengan sasis Mercedes Benz OH 1626. Untuk kabinnya, PO Berlian Jaya bisa dibilang lebih mewah dibanding dua PO sebelumnya.

Pertama, bangku yang digunakan sudah dilengkapi dengan leg rest dan disusun 2-2. Selain itu, di bagian depan ada dispenser dan toilet sebagai fasilitas yang bisa digunakan penumpang selama perjalanan.

Kabin bus AKAP PO Berlian JayaDOK. ADIPUTRO Kabin bus AKAP PO Berlian Jaya

Rilisnya sembilan bus baru ini juga memperlihatkan dua tampilan Jetbus 3+, double glass dan single glass. Bisa dilihat, dari dua model tersebut kira-kira mana yang paling pas tampilan atau desainnya.

Syarat mudik saat ini yang terbilang cukup ringan, tinggal vaksin booster membuat PO bus semangat menambah armada baru. Tentunya, hal ini juga berdampak positif untuk karoseri yang mendapatkan pesanan menjelang lebaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com