Deretan Bus Baru Karoseri Adiputro, Siap Melayani Mudik Lebaran

Kompas.com - 13/04/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini sudah mulai membaik. Oleh karena itu, mudik menjelang lebaran di 2022 ini pun kembali bisa dilakukan masyarakat Indonesia.

Setelah dua tahun tidak ada mudik, tentu ini menjadi momen penting karena bisa pulang ke kampung halaman. Persiapan angkutan mudik pun dilakukan, salah satunya dari PO bus yang menambah armada baru.

Misalnya seperti PO Ramayana, PO Garuda Mas, dan PO pendatang baru Berlian Jaya yang belum lama ini mengambil armada baru dari Karoseri Adiputro.

Baca juga: Daftar Terminal Bus AKAP di Jakarta untuk Mudik Lebaran 2022

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Tercatat ada lima bus baru PO Ramayana, dua milik PO Garuda Mas, dan dua lagi milik Berlian Jaya. Jadi secara total, ada sembilan bus baru yang keluar dari Karoseri Adiputro dalam satu hari.

Pertama ada lima bus PO Ramayana, kelimanya menggunakan bodi Jetbus 3+ HDD dengan sasis Hino. Sedangkan kabinnya, diisi bangku yang disusun 2-2 dan tanpa toilet.

Sedangkan untuk bus milik PO Garuda Mas, menggunakan bodi Jetbus 3+ MHD Single Glass di atas sasis Hino. Untuk bagian kabin, diisi dengan bangku susunan 2-2 dan ada toilet serta sekat di bagian depan.

Baca juga: Antisipasi Kepadatan Mudik, Polisi Siapkan Skema Ganjil Genap sampai One Way

Kemudian untuk milik PO Berlian Jaya, menggunakan bodi Jetbus 3+ MHD dengan sasis Mercedes Benz OH 1626. Untuk kabinnya, PO Berlian Jaya bisa dibilang lebih mewah dibanding dua PO sebelumnya.

Pertama, bangku yang digunakan sudah dilengkapi dengan leg rest dan disusun 2-2. Selain itu, di bagian depan ada dispenser dan toilet sebagai fasilitas yang bisa digunakan penumpang selama perjalanan.

Kabin bus AKAP PO Berlian JayaDOK. ADIPUTRO Kabin bus AKAP PO Berlian Jaya

Rilisnya sembilan bus baru ini juga memperlihatkan dua tampilan Jetbus 3+, double glass dan single glass. Bisa dilihat, dari dua model tersebut kira-kira mana yang paling pas tampilan atau desainnya.

Syarat mudik saat ini yang terbilang cukup ringan, tinggal vaksin booster membuat PO bus semangat menambah armada baru. Tentunya, hal ini juga berdampak positif untuk karoseri yang mendapatkan pesanan menjelang lebaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.