Pilihan Mobil Bekas Rp 50 Jutaan, Bisa Dipakai Mudik Lebaran 2022

Kompas.com - 13/04/2022, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini pasar kendaraan bekas masih menjadi alternatif masyarakat Indonesia untuk mendapatkan transportasi berharga terjangkau dengan cepat, khususnya mobil.

Sehingga tidak heran bahwa segmen tersebut kerap ramai ketika adanya momen libur panjang seperti Lebaran 2022. Terlebih apabila ada rencana untuk melakukan aktivitas mudik.

Menurut pantauan redaksi Kompas.com di beberapa pasar mobil bekas, ada banyak kategori yang bisa dipilih. Bahkan untuk mobil berharga Rp 50 juta ke bawah, masih cukup banyak pilihannya.

Baca juga: Satu Dekade Federal Oil Dukung Gresini Racing

Ilustrasi Kia Carens Gen IIdok.OLX Ilustrasi Kia Carens Gen II

Tetapi memang kondisi kendaraan yang dituju sangat beragam dan tak semuanya dalam keadaan baik. Guna memudahkan Anda, sedikitnya ada lima mobil bekas di kategori tersebut yang dapat jadi pertimbangan.

Pertama ialah mobil keluarga berbentuk kotak lansiran 20000-an, Mazda E2000. Pesaing Toyota Kijang pada zamannya ini menyajikan kenyamanan untuk digunakan harian.

Mengenai banderolannya, sangat beragam mulai Rp 35 juta sampai Rp 50 jutaan tergantung wilayah dan kondisi kendaraan. Sebab tak sedikit mobil yang sudah dalam keadaan tabrak atau tidak lengkap dokumen.

Baca juga: Mendengarkan Musik Saat Nyetir Mobil Cegah Microsleep

Ilustrasi Kia Trajetdok.Mobkas Ilustrasi Kia Trajet

Kemudian pilihan kedua yang bisa dilirik ialah Hyundai Trajet, mobil kapsul yang cukup terkenal dalam zamannya. Kebanyakan, mobil ada di lansiran 2004 ke bawah.

Sehingga secara kelengkapan fitur bisa dibilang sudah modern, Adapun harganya rata-rata di Rp 45 juta sampai Rp 50 jutaan tergantung kondisi dan kelengkapan dokumennya.

Masih dalam pabrikan Korea Selatan dan bertubuh kapsul, mobil lainnya yang mungkin bisa masuk daftar pertimbangan ialah Kia Carens generasi pertama dan kedua.

Tapi memang harganya lebih mahal sedikit yaitu Rp 48 juta sampai Rp 55 juta untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Kelebihan mobil ini lainnya ialah cukup hemat bahan bakar bila digunakan harian.

Baca juga: Parkir di Luar Saat Hujan, Jadi Penyebab Kaca Mobil Berjamur

Terakhir ada Timor DOHC yang kini harga pasarannya di Rp 40 jutaan. Kelebihannya, komponen yang masih cukup banyak tersedia dan desain mobil tampak timeless.

Lalu, karena platformnya menggunakan sedan maka kenyamanan tidak perlu diragukan lagi. Kekurangannya, tentu seperti mobil lawas umumnya yaitu cukup sering bolak-balik bengkel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.