Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Terminal Bus AKAP di Jakarta untuk Mudik Lebaran 2022

Kompas.com - 12/04/2022, 17:31 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Guna mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik dan balik Lebaran 2022, Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyiapkan tiga terminal bantuan bagi para pemudik.

"Terminal Lebak Bulus, Terminal Grogol dan Terminal Muara Angke," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dilansir dari Antara (12/4/2022).

Sedangkan untuk terminal Antarkota Antarprovinsi (AKAP) akan dilayani empat terminal yang selama ini digunakan di Jakarta.

Baca juga: Antisipasi Kepadatan Mudik, Polisi Siapkan Skema Ganjil Genap sampai One Way

Suasana terminal bus Kalideres, Selasa (13/4/2021).Kompas.com/Sonya Teresa Suasana terminal bus Kalideres, Selasa (13/4/2021).

Di antaranya, yakni Terminal Pulo Gebang, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres dan Terminal Tanjung Priok.

Menurut dia, pemilihan tiga terminal bantuan itu salah satunya mengakomodasi pergerakan calon pemudik dari utara.

Sedangkan pergerakan pemudik dari wilayah lain di DKI, kata dia, masih bisa diakomodasi oleh Terminal Kampung Rambutan, Pulo Gebang dan Terminal Lebak Bulus.

Baca juga: Viral Foto Anak Kecil Pegang-pegang Supercar, Ingat Etika di Pameran Otomotif

Suasana Terminal Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, pada Rabu (9/3/2022). KOMPAS.com/Muhammad Isa Bustomi Suasana Terminal Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, pada Rabu (9/3/2022).

"Selama ini dari hasil evaluasi untuk wilayah timur itu sudah bisa diakomodasi oleh Kampung Rambutan dan Pulo Gebang," kata Syafrin

Sementara itu, untuk wilayah selatan sudah didukung oleh Terminal Lebak Bulus dan juga Terminal Kampung Rambutan. Kemudian di wilayah barat, didukung Terminal Grogol yang juga sekaligus mendukung wilayah utara.

"Di utara yang Terminal Tanjung Priok yang relatif lebih kecil itu didukung penuh Terminal Muara Angke dan Grogol tentunya," ucap Syafrin.

Baca juga: Kaum Mendang-mending, Pilih Honda HR-V SE atau Hyundai Creta Prime?

Penumpang tiba di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Minggu (3/1/2021). Berdasarkan data Dishub Terminal Kampung Rambutan per tanggal 2 Januari 2021 jumlah penumpang bus yang tiba di Jakarta sebanyak 34.220 penumpang, sementara pemudik yang diberangkatkan menuju luar Jakarta melalui Terminal Kampung Rambutan sebanyak 15.059 penumpang.ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA Penumpang tiba di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Minggu (3/1/2021). Berdasarkan data Dishub Terminal Kampung Rambutan per tanggal 2 Januari 2021 jumlah penumpang bus yang tiba di Jakarta sebanyak 34.220 penumpang, sementara pemudik yang diberangkatkan menuju luar Jakarta melalui Terminal Kampung Rambutan sebanyak 15.059 penumpang.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi ada 13 juta warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) bakal menjalani mudik Lebaran tahun ini.

Perkiraan tersebut didapatkan berdasarkan survei Litbang Kementerian Perhubungan pada Maret 2022. Sementara, secara angka nasional, jumlah pemudik tahun ini diperkirakan menembus 79 juta warga.

Baca juga: Alasan Kenapa Kick Starter Banyak Absen di Motor Keluaran Baru

Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Foto diambil pada Selasa (4/5/2021).KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Foto diambil pada Selasa (4/5/2021).

Berikut ini terminal bus AKAP bagi para pemudik di DKI Jakarta:

1. Terminal Pulo Gebang
2. Terminal Kampung Rambutan
3. Terminal Kalideres
4. Terminal Tanjung Priok
5. Terminal Lebak Bulus
6. Terminal Grogol
7. Terminal Muara Angke

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com