Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Polisi Buka Posko Vaksin Booster di Rest Area Km 57 Tol Japek

Kompas.com - 13/04/2022, 04:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang mudik Lebaran 2022, Kepolisian Resor (Polres) Karawang, Jawa Barat, berencana untuk membuka posko vaksinasi booster di rest area Kilometer 57 Tol Jakarta-Cikampek.

Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono menjelaskan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan stakeholder terkait mengenai rencana tersebut, termasuk dengan pengelola rest area.

"Ini baru rencana. Kita koordinasikan dulu," ucap Aldi, seperti dikutip Kompas Regional, Selasa (12/4/2022).

Baca juga: Kaum Mendang-mending, Pilih Honda HR-V SE atau Hyundai Creta Prime?

Aldi menjelaskan, adanya posko ini bersifat imbauan untuk masyarakat yang belum menerima vaksin dosis ketiga. Petugas yang ada akan mengimbau masyarakat, dengan tujuan membantu pemudik menjaga kesehatan.

"Sifatnya imbauan. Kita menyiapkan pengecekan dan mengimbau yang belum (vaksinasi dosis ketiga) untuk vaksinasi booster," ucap Aldi.

Sedangkan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) telah mempersiapkan rencana pengamanan di jalur mudik, termasuk melakukan survei kelayakan jalan baik di jalur utama maupun alternatif.

Salah satu Rest Area yang berada di Tol Trans JawaPT Jasamarga Related Business (JMRB) Salah satu Rest Area yang berada di Tol Trans Jawa

Baca juga: Antisipasi Kepadatan Mudik, Polisi Siapkan Skema Ganjil Genap sampai One Way

Fasilitas pendukung lain seperti penerangan jalan dan rambu lalu lintas juga akan disiapkan, termasuk rencana pendirian pos pengamanan di titik-titik strategis.

Selain itu, pihaknya juga masih menunggu arahan dari Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri terkait rencana penerapan one way di jalur tol.

Rencananya akan ada 700 personel gabungan yang ditugaskan untuk mengatur keamanan dan ketertiban masyarakat selama mudik berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com