Ini Pentingnya Mengaktifkan Rem Tangan Saat Parkir

Kompas.com - 12/04/2022, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat memarkir mobil, masih banyak pemilik kendaraan yang tidak mengaktifkan rem tangan, khususnya ketika berhenti untuk durasi yang sebentar.

Padahal, kebiasaan ini dapat mengakibatkan celaka bagi pengguna jalan lain. Seperti yang terekam dalam unggahan TikTok @Popularitascom, Senin (11/4/2022).

Pada unggahan tersebut, terlihat sebuah mobil pikap yang sedang parkir di area kosong berjalan mundur tanpa pengemudi. Area tersebut berkontur agak menurun, memungkinkan mobil tersebut berjalan mundur dengan mudah.

Baca juga: Sering Pakai Rem Tangan Saat Parkir, Bisa Bikin Rem Jadi Macet?

Imbasnya, mobil pikap tersebut menabrak kendaraan lain yang sedang melaju di lajurnya. Beruntungnya, terlihat tidak ada korban yang terluka dalam kejadian ini. Namun, kerusakan pada mobil yang ditabrak tidak bisa dihindari.

Mengaktifkan rem tangan jadi hal yang krusial, terutama bila area parkir terlihat seperti yang terekam pada unggahan tersebut.

Walaupun hanya parkir sebentar, pemilik kendaraan harus biasakan diri mengaktifkan rem tangan saat parkir, sehingga bisa meminimalisir kendaraan berjalan di luar kendali tanpa pengawasan.

@popularitascom Jangan lupa selalu menarik rem tangan setiap memarkir mobil #kecelakaan #beritatiktok ? suara asli - PopularitasCom

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan menjelaskan, mengaktifkan rem tangan menjadi sebuah hal yang wajib dilakukan saat mobil sedang diparkir.

"Parkir seri, baik (mobil) matik maupun manual wajib mengaktifkan rem tangan," ucap Marcell pada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Hasil MotoGP Amerika 2022: Bastianini Juara, Marquez Luar Biasa

Rem tangan ini berfungsi untuk menahan gerak mobil pada saat mobil harus berhenti lebih lama dari yang seharusnya, misalnya saat parkir atau ketika mobil ditinggal tanpa pengawasan.

Penggunaan rem tangan juga harus disesuaikan dengan kondisi area parkir atau posisi mobil ketika diparkir. Jika parkir paralel, rem tangan tidak perlu diaktifkan.

"Bila kita parkir paralel, jangan mengaktifkan rem tangan agar mobil dapat didorong," ucap Marcell.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.