Kaum Mendang-mending, Pilih Honda HR-V SE atau Hyundai Creta Prime?

Kompas.com - 12/04/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pilihan mobil di kelas sport utility vehicle (SUV) semakin beragam dan persaingan pun semakin sengit. Bahkan, tak jarang konsumen yang bingung dihadapkan dua pilihan saat hendak membeli mobil baru.

Bagi kaum mendang-mending, istilah yang kerap dilekatkan pada konsumen yang gemar membandingkan barang, ada pilihan Honda HR-V tipe SE dan Hyundai Creta tipe Prime. Kedua mobil tersebut tergolong sepadan untuk dikomparasi di kelas SUV menengah.

Baca juga: Honda HR-V Versi Amerika Meluncur, Penampilannya Beda Total

Dari segi desain eksterior, tampilan luar kedua mobil ini memiliki konsep yang berbeda. Pada HR-V SE, terlihat lebih sporty dan agresif. Sementara Creta Prime, terlihat lebih futuristik.

Komparasi desain eksterior Honda HR-V vs Hyundai CretaKompas.com/Donny Komparasi desain eksterior Honda HR-V vs Hyundai Creta

Beralih ke bagian interiornya, HR-V SE tampil lebih elegan dan berkelas meski dengan desain yang minimalis. Sedangkan interior Creta Prime, terlihat lebih kompleks desainnya, tapi di satu sisi juga terlihat sporty.

Soal desain, masing-masing orang mungkin memiliki selera yang berbeda. Tapi, untuk fiturnya, harus diakui memang Creta Prime lebih canggih dan lebih lengkap dibandingkan HR-V SE.

Baca juga: Honda Minta Maaf, Pesanan HR-V Baru Membeludak Bikin Inden 4-5 Bulan

Creta Prime memiliki keunggulan dengan adanya Bluelink. Selain itu, beberapa fungsi mobilnya juga bisa diatur dari aplikasi yang ada di smartphone, seperti menghidupkan mobil, membuka dan mengunci pintu, menyalakan AC, dan lainnya.

Komparasi Honda HR-V vs Hyundai CretaKompas.com/Donny Komparasi Honda HR-V vs Hyundai Creta

Sedangkan pada sektor mesin, tenaga dan torsi sedikit lebih unggul HR-V SE. Andalan Honda ini memiliki tenaga 119 tk pada 6.000 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm. Sedangkan Creta Prime, tenaganya 113 tk pada 6.300 rpm dan torsi 143,8 Nm pada 4.500 rpm.

Terakhir, salah satu faktor yang paling menentukan adalah harganya. Untuk HR-V SE, saat ini dibanderol Rp 403,1 juta (OTR Jakarta). Sementara Creta Prime, sekarang ini dipasarkan dengan harga Rp 401 juta (OTR Jakarta).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.