Pemilik Moge Honda Jarang Memikirkan Garansi

Kompas.com - 06/04/2022, 09:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa hal yang membuat garansi sepeda motor hangus atau tidak berlaku. Salah satunya ialah modifikasi kelistrikan dan perawatan bukan di bengkel resmi.

Karena itu pemilik motor baru disarankan untuk ikut aturan yang berlaku. Namun, rupanya hal tersebut sedikit banyak tidak berlaku untuk konsumen pemilik motor gede atau big bike.

Baca juga: Dijual Rp 14 Jutaan, Cicilan Motor Listrik Volta 401 Mulai Rp 400.000

Honda CB650R terbaru hadir di IIMS 2022Gilang Satria/Kompas.com Honda CB650R terbaru hadir di IIMS 2022

Seperti disebutkan Endro Sutarno,Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), hal tersebut dapat dilihat dari konsumen big bike Honda yang melakukan modifikasi.

"Saat kita tanya (mekanik) yang punya (ke pemilik) big bike kalau diganti (modifikasi maka garansi) bakal hangus, tidak masalah," kata Endro saat siaran telekonferensi, di Jakarta, Selasa (5/4/2022).

"Banyak sekali orang yang punya bike big tidak memikirkan garansi. Kecuali ada recall dari Honda motoor, mesti ganti, kalau sudah begitu tetap harus diganti," katanya.

Baca juga: Bidik Pasar Fleet, Ini Warna Motor Listrik Gesits Paling Diminati

Honda CBR1000RR-R SP Fireblade edisi spesial 30th Anniversary laku terjual di Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022.Foto: Wahana Honda CBR1000RR-R SP Fireblade edisi spesial 30th Anniversary laku terjual di Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022.

Untuk diketahui saat membeli motor, konsumen tidak saja mendapatkan kendaraan tapi juga fasilitas lain termasuk garansi.

Di Honda ada garansi injeksi selama 5 tahun atau 50.000 km, garansi mesin 3 tahun atau 30.000 km serta garansi rangka dan kelistrikan selama 1 tahun atau 10 ribu kilometer.

Mengutip Astra Motor, garansi ini bisa hangus apabila disebabkan oleh beberapa hal:

1. Buku service hilang atau rusak. Jika demikian pemilik tidak akan mendapatkan garansi karena buku servis berperan sebagai bukti klaim.

2. Abai servis berkala. Apabila konsumen tidak melakukan servis rutin sesuai dengan ketentuan yang tertera di buku servis, maka garansi akan hilang.

3. Kerusakan akibat perawatan bukan di bengkel resmi. Kerusakan akibat melakukan servis atau perawatan berkala di bengkel resmi biasanya akan mengugurkan garansi.

4. Kerusakan akibat pemakaian karena menggunakan motor tidak sesuai buku pedoman pemilik.

5. Modifikasi bagian sistem kelistrikan. Kerusakan akibat modifikasi sistem kelistrikan akan menggugurkan garansi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.