PO Pariwisata Subur Jaya Borong Bus Single Glass Adiputro

Kompas.com - 06/04/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Subur Jaya menjadi salah satu operator bus pariwisata yang kerap menggunakan bodi besutan Karoseri Adiputro. Biasanya PO Subur Jaya mengambil bus baru dengan bodi Jetbus SHD.

Jetbus SHD punya dimensi yang lebih tinggi dibanding model HDD maupun MHD, yakni 3,9 meter. Selain itu, model yang digunakan adalah double glass, sehingga tampilan bus nampak seperti bus tingkat.

Namun, PO Subur Jaya baru saja memberikan kejutan dengan merilis lima bus baru yang modelnya single glass. Jadi bisa dibilang tampilan bus sedikit lebih jadul tetapi yang diuntungkan sebenarnya adalah penumpang.

Baca juga: Bodi Bus Baru dari New Armada, Skylander R22

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Yohan Setiawan (@yohansetiawan08)

 

Bus dengan model double glass kerap dikeluhkan penumpang karena pandangan ke depan terhalang dengan bando (sekat kaca double glass). Sedangkan jika model single glass, pandangan penumpang ke arah depan jadi lebih los.

Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro Yohan Setiawan mengatakan, untuk bodi yang digunakan adalah Jetbus 3+ MHD Single Glass yang dipasang ke sasis Hino RK8.

"Ada lima unit bus, warna eksteriornya berbeda, ada pink, gold, putih, tosca, dan kuning," ucap Yohan kepada Kompas.com, Selasa (5/4/2022).

Baca juga: Begini Cara Mengecek E-tilang di Jalan Tol Pakai Ponsel?

Secara fitur di kabin, tidak banyak pesanan khusus. Layaknya bus pariwisata, susunan bangkunya tersedia model dua kanan dua kiri (2-2) dan tiga kanan dua kiri (3-2), tanpa toilet.

Kembali membahas bodinya, model MHD biasanya dipasang dengan sasis OH 1626 atau yang menggunakan space frame. Namun berbeda dengan unit Subur Jaya, bagian bagasinya tidak tembus karena ada batang sasis.

Secara umum, tampilan bus double glass dan single glass Adiputro tidak begitu jauh berbeda dari luar. Namun perbedaan signifikan bisa dirasakan dari kabin, di mana model bando Jetbus yang tebal sudah hilang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.