Kecanggihan Taksi Terbang EHang 216 Ikut Meramaikan IIMS Hybrid 2022

Kompas.com - 06/04/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran taksi terbang EHang 216 di lantai pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat membuat kesan tersendiri.

Pasalnya, kendaraan udara otonom asal China yang dibawa oleh Presitge Image Motorcars tersebut sangat mencolok untuk mencuri perhatian para pengunjung pameran di antara mobil-mobil baru.

Apalagi tepat di sampingnya, ada Tesla Model Y sebagai mobil listrik baru dengan harga termahal di IIMS Hybrid 2022. Mobil dibawa langsung dari Eropa dengan dua varian.

Baca juga: Mobil Termahal di IIMS 2022, Terbang Langsung dari Eropa Tesla Model Y

Taksi terbang Ehang 216 menjalani demo flight di wilayah Klungkung, Bali, Jumat (26/11/2021). ANTARA/Naufal Fikri Yusuf Taksi terbang Ehang 216 menjalani demo flight di wilayah Klungkung, Bali, Jumat (26/11/2021).

"Pengendaliann kendaraan ini dari jarak jauh, otonom. Jadi penumpangnya tinggal menentukan saja dari titik mana mau ke mana," kata CEO Prestige Image Motorcars Rudy Salim.

Adapun harga dari kendaraan ini, ia belum bisa mengatakan secara pasti. Namun apabila ada yang ingin memesannya, bisa dilakukan dan tim dari Prestige bakal langsung melakukan survei.

Survei terkait dilaksanakan untuk melihat lokasi ruang penyimpanan ataupun pengoperasian EHang 216 nantinya. Kemudian, titik lokasi terkait akan disimpan untuk menyambung ke lokasi lainnya (instalasi sistem).

"Jadi kalau ingin kemana-kemana tinggal pilih destinasinya aja. Tapi kita harus lihat dahulu ruangnya, apakah memungkinkan," kata dia.

Baca juga: Promo Uji Emisi di IIMS 2022, Cuma Rp 127.500 untuk Mobil

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Prestige Motorcars (@prestigemotorcars)

Diketahui, EHang 216 kendaraan udara otonom yang dibekali motor listrik murni (100 persen) yang diklaim bisa meminimalisir kegagalan pengoperasian karena kesalahan manusia.

Konsep kerja kendaraam ini seperti drone alias pengendalian tanpa awak karena kontrol pusat kendaraan sudah cerdas dan dikendalikan dari jarak jauh.

Taksi terbang tersebut memiliki 16 baling-baling dengan 8 lengan yang dapat dilipat. Berfungsi untuk menghemat area parkir, dan hanya butuh area sebesar 5 meter persegi.

Hanya bisa diisi dua penumpang dengan muatan maksimal sebesar 220 kilogram, EHang 216 bisa terbang pada ketinggian 3.000 m dengan kecepatan 130 kpj, tergantung bobot bawaannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.