Tidak Bayar Denda Tilang Elektronik Siap-siap STNK Diblokir

Kompas.com - 06/04/2022, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada denda maksimal Rp 500.000 bagi pelanggar e-tilang di jalan tol. Pelanggar akan kena tilang jika melanggar batas kecepatan maksimum, yaitu 100 kpj.

Sejauh ini, Polda Metro Jaya telah menindak 128 pengendara mobil yang melanggar batas kecepatan maksimal di jalan tol.

Dikutip dari Kompas.com, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan bahwa jika tidak membayarkan denda, maka STNK pelanggar akan diblokir.

Baca juga: Promo Uji Emisi di IIMS 2022, Cuma Rp 127.500 untuk Mobil

Kemudian saat membayar pajak, pajaknya akan ditambah dengan denda dari pelanggaran.

Tidak hanya kendaraan overspeed, kendaraan dengan muatan berlebih di jalan tol juga akan ditindak menggunakan sistem ETLE yang disiapkan di beberapa ruas jalan.

"Pelanggaran batas kecepatan dan batas muatan. Kedua jenis pelanggaran itu akan dilakukan penindakan secara full (tilang) pada 1 April 2022," ucap Sambodo seperti dikutip Kompas.com.

Ilustrasi STNK, jika hilang ini cara mengurus dan biayanya.SHUTTERSTOCK/Abm p.poed Ilustrasi STNK, jika hilang ini cara mengurus dan biayanya.

 

Dalam pelaksanaannya, Sambodo menjelaskan bahwa pengemudi mobil akan ditilang bila kecepatan kendaraannya melebihi 100 kpj.

Saat ini, aturan batas kecepatan amksimum berlaku di lima ruas jalan tol. Di antaranya, Tol Jakarta-Cikampek, Tol Layang MBZ, Tol Seyatmo, Tol Dalam Kota dan Tol Kunciran-Cengkareng.

Sedangkan untuk pelanggaran batasan muatan kendaraan, sensor weight in motion atau WIM baru terpasang tol Jakarta Outer Ring Road dan Tol Jakarta Terang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.