Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemilik Moge Honda Jarang Memikirkan Garansi

Karena itu pemilik motor baru disarankan untuk ikut aturan yang berlaku. Namun, rupanya hal tersebut sedikit banyak tidak berlaku untuk konsumen pemilik motor gede atau big bike.

Seperti disebutkan Endro Sutarno,Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), hal tersebut dapat dilihat dari konsumen big bike Honda yang melakukan modifikasi.

"Saat kita tanya (mekanik) yang punya (ke pemilik) big bike kalau diganti (modifikasi maka garansi) bakal hangus, tidak masalah," kata Endro saat siaran telekonferensi, di Jakarta, Selasa (5/4/2022).

"Banyak sekali orang yang punya bike big tidak memikirkan garansi. Kecuali ada recall dari Honda motoor, mesti ganti, kalau sudah begitu tetap harus diganti," katanya.

Untuk diketahui saat membeli motor, konsumen tidak saja mendapatkan kendaraan tapi juga fasilitas lain termasuk garansi.

Di Honda ada garansi injeksi selama 5 tahun atau 50.000 km, garansi mesin 3 tahun atau 30.000 km serta garansi rangka dan kelistrikan selama 1 tahun atau 10 ribu kilometer.

Mengutip Astra Motor, garansi ini bisa hangus apabila disebabkan oleh beberapa hal:

1. Buku service hilang atau rusak. Jika demikian pemilik tidak akan mendapatkan garansi karena buku servis berperan sebagai bukti klaim.

2. Abai servis berkala. Apabila konsumen tidak melakukan servis rutin sesuai dengan ketentuan yang tertera di buku servis, maka garansi akan hilang.

3. Kerusakan akibat perawatan bukan di bengkel resmi. Kerusakan akibat melakukan servis atau perawatan berkala di bengkel resmi biasanya akan mengugurkan garansi.

4. Kerusakan akibat pemakaian karena menggunakan motor tidak sesuai buku pedoman pemilik.

5. Modifikasi bagian sistem kelistrikan. Kerusakan akibat modifikasi sistem kelistrikan akan menggugurkan garansi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/06/094200115/pemilik-moge-honda-jarang-memikirkan-garansi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke