Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Puluhan Motor Jatuh karena Jalanan Licin di Depok

Kompas.com - 27/03/2022, 08:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan pengendara motor mengalami kecelakaan di Jalan Limo Raya, Limo, Depok, Jumat (24/3/2022), akibat terpeleset ceceran tanah proyek Tol Cijago Seksi 3.

Kejadian ini pun sempat viral di media sosial setelah diunggah oleh akun Instagram @depokviral.

“Ada kejadian luar biasa di depan KUA Limo Depok semalam, hampir 50 motor terpeleset karena jalan licin sampe ada yang kakinya patah, gara2 coran banyak lumpur tanah dari ban truck yang lewat keluar masuk proyek jalan tol,” tulis keterangan unggahan tersebut.

Baca juga: KTB Nilai Penyerapan Produk Euro 4 Tak Bisa Instan

Dikutip dari Megapolitan Kompas.com, saksi mata bernama Yudi mengatakan, tanah yang diangkut oleh truk berjatuhan saat melintasi jalan tersebut.

Terlebih, di kawasan itu diguyur hujan pada sore hari sehingga membuat jalanan licin.

“Dari tanah proyek Tol Cijago itu tanahnya berjatuhan ke jalan, sehingga nempel di aspal. Ketimpa air hujan jadi licin. Sampai semalam pun sudah disirami tetap orang pada jatuh,” ucap Yudi, Jumat (25/3/2022).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by DEPOK TERKINI (@depokterkini)

Kejadian pengendara motor terpeleset karena jalan licin bukan sekali dua kali terjadi. Jalan licin karena tanah, pasir atau ceceran oli merupakan momok dan membuat banyak pengendara motor terjatuh.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, kondisi jalan licin adalah ujian bagi pengendara motor. Maka dari itu, perlu hati-hati.

“Pengendara harus fokus melihat jauh ke depan agar dapat melihat objek atau potensi kecelakaan yang dapat terjadi seperti tumpahan minyak atau oli. Nah, ketika melewati jalan tersebut maka usahakan tidak melakukan pengereman mendadak,” kata Agus.

Baca juga: Mobil Hampir Dibakar Massa karena Tewaskan Bocah, Ingat Jangan Main Hakim Sendiri

Agus melanjutkan, pengendara jangan menggunakan rem depan, apalagi secara mendadak. Sebab, pengguna rem depan di jalan licin sangat berisiko membuat ban motor tergelincir.

“Gunakan rem belakang untuk memperlambat laju motor, lalu jaga keseimbangan apabila ban motor tiba-tiba mengalami selip akibat jalan licin tersebut,” kata dia.

Menurut Agus, pada umumnya pengendara bisa terjatuh ketika melewati jalan licin akibat tidak siap melakukan antisipasi sehingga mudah panik.

Saat dalam kondisi panik ini biasanya pengendara melakukan pengereman secara mendadak. Padahal, tindakan itulah yang membuat pengendara mudah jatuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com