Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fenomena Unik, Bus Bawa Banyak Motor di Atap

Kompas.com - 26/03/2022, 15:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Moda transportasi bus di Indonesia memang masih menjadi andalan sebagian orang. Bahkan di daerah tertentu, bus juga digunakan sebagai angkutan paket atau pengantar barang.

Dikutip dari video yang diunggah akun Halomoanhasby di Tiktok, terlihat bus PO ALS sedang mengangkut banyak motor di atapnya. Bahkan di sebelah motor tadi juga masih ada barang lainnya yang mau diantar.

Fenomena bus PO ALS menjadi angkututan paket ini sebenarnya sudah berlangsung sejak lama. PO ALS sendiri juga kerap diberikan julukan 'rajanya paket' karena kerap membawa banyak barang selain mengangkut penumpang.

Baca juga: Kecelakaan Truk dan Bus 60 Persen karena Pengemudi Kelelahan

@halomoanhasby

 

? original sound - PC ???? - ???? Paulus Marbun????

 

Memang di video tersebut tidak jelas kapan kejadian waktunya. Seiring berjalannya waktu jumlah paket yang diangkut di atas bus sebenarnya terus berkurang, tidak sebanyak yang ada di video.

Sewan Delrizal Lubis, Generasi ketiga dari salah satu pemilik armada PO ALS mengatakan, untuk bus kelas ekonomi memang kerap digunakan sebagai angkutan barang, tapi tidak sebanyak itu.

"Kalau yang ekonomi, kebanyakan masih mengangkut barang, tapi kalau motor sampai sebanyak itu, saya baru lihat," ucapnya kepada Kompas.com, Sabtu (26/3/2022).

Baca juga: Mobil Harus Mematikan AC Saat Menanjak, Mitos atau Fakta?

PO ALS sendiri punya beberapa kelas layanan, seperti Ekonomi non AC, Ekonomi AC, Patas Eksekutif, dan Super Eksekutif. Selain kelas ekonomi, unit yang eksekutif juga ada yang membawa paket di atapnya.

"Eksekutif ada juga sebagian, tapi biasanya yang ringan-ringan. Soalnya karoserinya kebanyakan masih bagus," kata Sewan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com