Jajal Suzuki XL7 Keluar Kota, Konsumsi BBM Tembus 15 Km per Liter

Kompas.com - 10/03/2022, 19:21 WIB
Suzuki XL7 Alpha AT KOMPAS.COM/STANLY RAVELSuzuki XL7 Alpha AT
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Suzuki XL7 telah meluncur di Indonesia awal 2020. Namun kini Low SUV tersebut masih jadi pilihan menarik buat konsumen, lantaran menawarkan keunggulan yang tak dimiliki kompetitornya.

Terutama saat dijajal di rute luar kota, XL7 menawarkan performa berkendara yang cukup baik. Hal ini tercermin dari hasil konsumsi bahan bakar yang mencapai 15,2 km per liter, setelah menempuh jarak lebih kurang 240,4 km.

Sebagai informasi, kondisi rute yang kami lewati cukup beragam, namun memang didominasi jalan tol.

Baca juga: Bos Prestige Enggan Berkomentar Soal Pembelian Mobil Mewah Indra Kenz

Konsumsi BBM Suzuki XL7 tembus 15,2 km per liter saat melaju di rute luar kota sejauh 240,4 km.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Konsumsi BBM Suzuki XL7 tembus 15,2 km per liter saat melaju di rute luar kota sejauh 240,4 km.

Ketika jalan lengang, tak jarang mesin dipacu untuk menyalip mobil-mobil di depannya. Sementara ketika menemui kemacetan, mobil harus merayap perlahan bahkan berhenti hingga beberapa menit.

Untuk diketahui juga, hasil konsumsi bahan bakar ini didapat melalui layar MID yang berada di balik kemudi. Adapun untuk bahan bakar yang digunakan adalan BBM dengan RON 90.

Menurut kami, capaian tersebut terbilang baik karena XL7 mengusung mesin 1.500 cc yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis 4-percepatan, bukan CVT seperti Low SUV terbaru lainnya.

Baca juga: Cek Harga Mitsubishi Pajero Sport Bekas Jelang Pemberlakuan Euro4

Suzuki XL7KOMPAS.com/Ruly Suzuki XL7

Artinya, dengan transmisi berteknologi torque converter, mesin XL7 masih menawarkan potensi kehematan yang bersaing dengan Low SUV bertransmisi CVT.

Di lain sisi, transmisi otomatis 4-percepatan juga memberikan keasyikan berkendara yang lebih baik.

Karena hentakan pada saat proses perpindahan gigi masih cukup terasa, membuat feeling berkendaranya terasa cukup agresif. Berbeda dengan karakter transmisi CVT yang halus.

Baca juga: Mazda CX-60 Meluncur, Tenaganya Bisa Tembus 300 HP Lebih

Suzuki XL7Stanly-Kompas.com Suzuki XL7

Alhasil ketika dibawa berkendara di rute luar kota, XL7 terasa lebih berperforma. Meskipun kalau melihat data speknya, tenaga mobil ini bukan yang paling besar di kelasnya.

Di atas kertas, XL7 mengusung mesin yang sama dengan Ertiga, yakni K15B DOHC dengan kubikasi murni 1.462 cc.

Mesin tersebut sanggup hasilkan tenaga 104,7 PS pada 6.000 rpm atau setara 103,2 tk, sedangkan torsi mencapai 138 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.