Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajaran Bus Hino yang Sudah Standar Euro4

Kompas.com - 10/03/2022, 18:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) baru saja merilis berbagai produk terbaru yang disesuaikan dengan standar emisi terbaru yakni Euro4 pada Rabu (9/3/2022).

Pada acara peluncuran tersebut, berbagai produk Hino mulai dari Ligt Duty Truck, Medium Duty Truck, dan Heavy Duty Truck yang dijual di Indonesia, semuanya sudah memenuhi standar emisi Euro4.

Selain truk, Hino juga memperbarui lini produk untuk Hino Bus yang sudah sesuai regulasi. Setidaknya ada empat produk dengan sembilan tipe bus yang ditawarkan Hino untuk para pengusaha bus di Indonesia.

Baca juga: Aturan Baru Naik Bus DAMRI, Tidak Perlu Tes Antigen

Semua produk Hino sudah standar emisi Euro 4Hino Motors Sales Indonesia Semua produk Hino sudah standar emisi Euro 4

Masato Uchida, Presiden Direktur HMSI mengatakan, produk terbaru ini sudah disematkan mesin yang lebih bersih emisinya. Sehingga bisa membantu operasional bisnis menjadi lebih mudah karena lebih tangguh.

“Kendaraan yang hari ini kami luncurkan, tidak hanya untuk memenuhi regulasi Euro4. Tapi untuk menguatkan posisi Hino sebagai pemimpin pasar yang terus berkontribusi untuk kemajuan dan pengembangan transportasi di Indonesia yang lebih ramah lingkungan,” ungkapnya lewat keterangan resmi, Rabu (9/2/2022).

Untuk produk Hino Bus, terbagi jadi empat, yakni bus medium Hino GB series (GVW 8 ton), bus besar mesin depan AK series (GVW15 ton), bus besar mesin belakang RK series (GVW 15,5 ton) dan RM Series (GVW 16 ton).

Baca juga: Pengendara Lupa Bawa SIM, Tetap Ditilang atau Bisa Lolos?

Keempat produk tersebut mendapatkan pembaruan baik dari segi mesin dan transmisi. Selain itu, mesin baru yang disematkan juga memengaruhi tenaga yang dihasilkan jadi lebih besar dibanding pendahulunya yang masih Euro2.

Sebut saja untuk GB series yang kini tenaganya 150 PS (147,9 TK) dibandingkan FB series yang tenaganya 130 PS. Begitu juga AK series terbaru tenaganya jadi 240 PS dan RK dan RM jadi 280 PS.

Kemudian untuk GB series, ditaawarkan pilihan sasis panjang dan transmisi otomatis. Sedangkan untuk bus besar seperti RK dan RM, ditawarkan pilihan dengan ABS atau tidak.

Hino resmikan Hino Total Support Training Center (HTSCC) serta memulai Hino Telematic Safety Driving Competition Hino Hino resmikan Hino Total Support Training Center (HTSCC) serta memulai Hino Telematic Safety Driving Competition

RK yang diluncurkan kali ini adalah pembaruan dari RK 260 yang punya sebutan RK 280. Sedangkan RM 280 merupakan sasis bus besar bermesin belakang dengan suspensi udara tipe wide dan memakai space frame.

Mari kita tunggu kehadiran bus-bus baru dari Hino ini melintas di jalan tol seluruh Indonesia.

Lini produk Hino Bus yang sudah sesuai standar Euro4:

GB 150

GB 150 AT

GB 150 L

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com