Michelin Siapkan 1.200 Ban per Sirkuit untuk MotoGP 2022

Kompas.com - 10/03/2022, 16:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu komponen paling penting dalam ajang balap motor MotoGP adalah ban. Untuk itu, Michelin sebagai pemasok tunggal sudah menyiapkan 1.200 ban untuk tiap serinya.

Untuk musim ini, Michelin telah memutuskan untuk menyederhanakan pilihan ban pada musim ini. Sehingga, akan ada 30 macam spesifikasi untuk digunakan oleh para pebalap selama gelaran MotoGP 2022.

Jumlah ini berkurang lebih dari seperempat jika dibandingkan dengan musim lalu, di mana Michelin menyediakan 41 pilihan ban. Keputusan untuk merampingkan pilihan ban yang akan digunakan dilakukan melalui diskusi dengan para pebalap dan tim, serta tetap mempertahankan tingkat performa yang sama dengan musim 2021.

Baca juga: Kesiapan Michelin Jelang Tes Pra-musim MotoGP di Sirkuit Mandalika

Michelin Two Wheels Motorsport Manager Piero Taramasso, mengatakan, tim teknis Michelin Motorsport bekerjasama dengan para pebalap untuk memilih ban paling multi fungsi dan mengeliminasi ban-ban yang dianggap terlalu spesifik.

Ban balap untuk motor MotoGP yang dipasok oleh MichelinDok. Michelin Ban balap untuk motor MotoGP yang dipasok oleh Michelin

"Selain lebih memudahkan tim peserta untuk memilih tipe ban yang tepat, perampingan ini juga akan membantu mengurangi dampak lingkungan, karena bahan baku yang digunakan berkurang, jumlah yang diproduksi juga turun. Sehingga, lebih sedikit ban yang akan disimpan dan didaur ulang setelah digunakan," kata Taramasso, dalam keterangan resminya.

Keputusan ini didukung oleh Dorna Sports yang telah bersepakat dengan Michelin untuk mengurangi jumlah alokasi ban bagi pebalap tiap serinya, dari sebelumnya 30 menjadi 28 ban, atau berkurang dua ban belakang.

Baca juga: Michelin Jadi Pemasok Tunggal Ban MotoGP sampai 2026

Pada setiap serinya, tiap pebalap akan menerima 28 ban yang terdiri dari 15 ban depan dan 13 roda belakang. Para pebalap hanya diperbolehkan untuk menggunakan maksimal 10 ban depan dan 12 ban belakang.

Ban balap untuk motor MotoGP yang dipasok oleh MichelinDok. Michelin Ban balap untuk motor MotoGP yang dipasok oleh Michelin

Taramasso menambahkan, para pebalap juga dibebaskan untuk menyusun komposisi alokasi ban depan dengan memilih maksimal lima ban dari tiap spesifikasi Soft, Medium, dan Hard.

"Untuk ban belakang, para pebalap dapat memilih maksimal enam ban Soft, empat ban Medium, dan tiga ban Hard. Para pebalap yang lolos dari babak kualifikasi Q1 dan Q2 akan mendapatkan ban depan tambahan yang dapat mereka pilih dari tiga spesifikasi yang tersedia, serta satu tambahan ban belakang jenis Soft," ujar Taramasso.

Ban balap untuk motor MotoGP yang dipasok oleh MichelinDok. Michelin Ban balap untuk motor MotoGP yang dipasok oleh Michelin

Sementara untuk ban hujan, para pebalap akan mendapatkan alokasi 15 ban hujan yang terdiri dari tujuh ban depan dan delapan ban belakang. Ban ini akan dapat digunakan selama latihan bebas, kualifikasi, pemanasan, dan untuk balapan, dengan maksimal penggunaan enam ban depan dan tujuh ban belakang.

Dengan alokasi ini, maka Michelin akan membawa sejumlah total 1.200 ban ke setiap sirkuit balapan. Termasuk untuk Pertamina Grand Prix of Indonesia yang akan digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, pada 18-20 Maret 2022.

Pada sesi tes di Mandalika, pebalap dan tim diberi kesempatan untuk mengevaluasi sejumlah spesifikasi ban yang berbeda dan menguji pengaturan ban dengan kendaraan. Mengacu pada hasil dari sesi tes tersebut, Michelin akan mengumumkan tiga spesifikasi ban yang akan dibawa ke Grand Prix Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.