Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jajal Suzuki XL7 Keluar Kota, Konsumsi BBM Tembus 15 Km per Liter

JAKARTA, KOMPAS.com – Suzuki XL7 telah meluncur di Indonesia awal 2020. Namun kini Low SUV tersebut masih jadi pilihan menarik buat konsumen, lantaran menawarkan keunggulan yang tak dimiliki kompetitornya.

Terutama saat dijajal di rute luar kota, XL7 menawarkan performa berkendara yang cukup baik. Hal ini tercermin dari hasil konsumsi bahan bakar yang mencapai 15,2 km per liter, setelah menempuh jarak lebih kurang 240,4 km.

Sebagai informasi, kondisi rute yang kami lewati cukup beragam, namun memang didominasi jalan tol.

Ketika jalan lengang, tak jarang mesin dipacu untuk menyalip mobil-mobil di depannya. Sementara ketika menemui kemacetan, mobil harus merayap perlahan bahkan berhenti hingga beberapa menit.

Untuk diketahui juga, hasil konsumsi bahan bakar ini didapat melalui layar MID yang berada di balik kemudi. Adapun untuk bahan bakar yang digunakan adalan BBM dengan RON 90.

Menurut kami, capaian tersebut terbilang baik karena XL7 mengusung mesin 1.500 cc yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis 4-percepatan, bukan CVT seperti Low SUV terbaru lainnya.

Artinya, dengan transmisi berteknologi torque converter, mesin XL7 masih menawarkan potensi kehematan yang bersaing dengan Low SUV bertransmisi CVT.

Di lain sisi, transmisi otomatis 4-percepatan juga memberikan keasyikan berkendara yang lebih baik.

Karena hentakan pada saat proses perpindahan gigi masih cukup terasa, membuat feeling berkendaranya terasa cukup agresif. Berbeda dengan karakter transmisi CVT yang halus.

Alhasil ketika dibawa berkendara di rute luar kota, XL7 terasa lebih berperforma. Meskipun kalau melihat data speknya, tenaga mobil ini bukan yang paling besar di kelasnya.

Di atas kertas, XL7 mengusung mesin yang sama dengan Ertiga, yakni K15B DOHC dengan kubikasi murni 1.462 cc.

Mesin tersebut sanggup hasilkan tenaga 104,7 PS pada 6.000 rpm atau setara 103,2 tk, sedangkan torsi mencapai 138 Nm pada putaran 4.400 rpm.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/10/192100715/jajal-suzuki-xl7-keluar-kota-konsumsi-bbm-tembus-15-km-per-liter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke