Operasi Keselamatan Jaya 2022, Penumpang Juga Harus Pakai Sabuk Pengaman

Kompas.com - 01/03/2022, 12:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Operasi Keselamatan Jaya yang dilaksanakan Polda Metro Jaya resmi berlangsung sejak hari Selasa, 1 Maret 2022 dan dilakukan selama dua pekan.

Pada operasi kali ini, ada tujuh pelanggaran prioritas yang akan ditindak, salah satunya adalah pengemudi kendaraan bermotor (ranmor) yang tidak memakai safety belt atau sabuk pengaman.

Pengemudi yang tidak memakai safety belt akan ditindak sesuai dengan Pasal 289 UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Tertulis denda yang akan diberi adalah kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

Baca juga: Tidak Ada Razia di Operasi Keselamatan Jaya 2022, tapi Tetap Ada Penindakan

Anggota kepolisian memberikan sanksi berupa tilang untuk sejumlah pengendara mobil yang melanggar sistem ganjil genap di Jalan RS Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan pada Senin (25/10/2021) pagi.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Anggota kepolisian memberikan sanksi berupa tilang untuk sejumlah pengendara mobil yang melanggar sistem ganjil genap di Jalan RS Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan pada Senin (25/10/2021) pagi.

Kalau dilihat, memang tertulis hanya pengemudi saja yang tidak memakai sabuk pengaman dan akan ditindak. Padahal sebenarnya, penumpang juga wajib mengenakan safety belt saat sedang ada di dalam mobil.

Sabuk pengaman berlaku bagi pengemudi dan penumpang,” ucap Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Jamal Alam kepada Kompas.com, Selasa (1/3/2022).

Baca juga: Rumus Benar Menyetir Mobil Manual di Tanjakan

Kemudian, Jamal menjelaskan kalau operasi kali ini tidak ada razia, namun untuk pelanggaran yang kasat mata dan tertangkap tangan, akan tetap ditindak dengan pemberian tilang.

“Untuk sabuk keselamatan, pengawasannya melalui ETLE,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.