Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video The Real Raja Jalanan, Ibu-ibu Ngebut Pakai RX-King

Kompas.com - 28/02/2022, 14:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pada era 90'an Yamaha RX-King yang berarti "Raja" kerap disebut motor jambret. Adapun saat ini ibu-ibu alias emak-emak yang sering disebut penguasa jalanan.

Saat keduanya menyatu, jadilah "raja jalanan" sesungguhnya. Setidaknya itu yang tercetus dalam video yang diunggah akun Instagram Otomotif Weekly yang memperlihatkan ibu-ibu ngebut pakai RX-King.

Bahkan sebetulnya ibu-ibu tersebut tak cuma ngebut tapi "ngetes" RX-King. Ibu-ibu berkerudung tersebut memulai dari start diam menggunakan RX-King berwarna hitam.

Baca juga: 7 Pelanggaran Prioritas Operasi Keselamatan Jaya 2022, Helm Wajib SNI

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tabloid OTOMOTIF (@otomotifweekly)

 

Terlepas dari aksi ibu-ibu tersebut, harus diingat bahwa naik motor merupakan tindakan berisiko tinggi. Karena itu wajib hukumnya menggunakan riding gear untuk keselamatan.

Ludhy Kusuma, Safety Riding Development PT Daya Adicipta Motora, mengatakan, riding gear dapat memengaruhi keselamatan sampai menyelamatkan jiwa manusia.

Ketika berkendara, perlengkapan yang wajib digunakan di antaranya helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu.

Baca juga: Awas Macet, Hari Ini Diprediksi Jadi Puncak Arus Balik Long Weekend

Promo helm full face di IMOS 2018.Kompas.com/Aditya Maulana Promo helm full face di IMOS 2018.

“Itu menjadi hal penting yang wajib dipakai ketika berkendara untuk meminimalisir saat terjadi kecelakaan di jalan raya,” ujar Ludhy dalam keterangannya belum lama ini.

Riding gear harus digunakan secara keseluruhan, karena tubuh harus terlindungi seluruhnya secara utuh ketika terjadi suatu kecelakaan atau pada suatu kondisi darurat.

Kecelakaan berkendara tidak mengenal waktu dan tempat, di mana pun dan kapan pun, potensi kecelakaan akan selalu ada ketika kita sedang berkendara.

Baca juga: Rumors Yamaha Siapkan Teknologi Hybrid buat Motor Matik TMAX

Restorasi Yamaha RX-King 2004 milik mantan pembalap liar.Foto: Wahyu Diwa Restorasi Yamaha RX-King 2004 milik mantan pembalap liar.

Untuk itu, tiap pengendara wajib mempersiapkan diri dengan selalu melindungi seluruh organ penting pada bagian tubuh yang bisa terluka apabila mengalami kecelakaan saat berkendara.

Helm akan berfungsi sebagai pelindung kepala, jaket melindungi tubuh bagian atas dari gesekan dan benturan, sarung tangan melindungi telapak tangan, celana panjang melindungi seluruh kaki dari gesekan dan benturan, dan sepatu melindungi bagian mata kaki hingga telapak kaki.

“Selalu lindungi diri kita dengan riding gear yang lengkap dan aman, pakai riding gear yang lengkap namun tetap aman dan nyaman saat berkendara,” kata Ludhy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com