Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal Ngebut, Kekuatan Ban Ada Batasannya

Kompas.com - 28/02/2022, 10:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap ban mobil memiliki kemampuan yang berbeda-beda, salah satunya terkait kemampuan ngebut atau melibas kecepatan di jalan. Batasan kemampuan tersebut sebenarnya sudah tercantum pada dinding ban.

Pada setiap ban mobil, terdapat kode khusus yang dapat menginformasikan batas kemampuan ban itu sendiri. Kemampuan yang dimaksud adalah batas kecepatan maksimum dan batas beban maksimum.

Baca juga: Jangan Asal Rotasi, Kenali Dulu Jenis Alur Ban Mobil

Batas kecepatan maksimum tersebut dapat dilihat pada tabel speed index. Sementara untuk batas beban maksimum, dijelaskan pada tabel load index.

@ditra.yuda Jangan sampai bablas #ceritakita #samasamabelajar #tipsotomotif #innova #banmobil #foryou ? estu. remix - estu.

Marcell Kurniawan, Direktur Pelatihan The Real Driving Center, mengatakan, di setiap ban itu ada speed index-nya masing-masing.

"Nah, setiap mobil sesuai kemampuannya pabrikan sudah menyesuaikan ban dengan spesifikasi seperti speed index apa yang cocok untuk kemampuan setiap mobil," ujar Marcell, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ritual Penting yang Harus Dilakukan Setelah Ganti Ban Mobil

kode banStanly/Otomania kode ban

Untuk melihat load index dan speed index, terdapat pada dua kode terakhir. Misakan, kode yang tertera pada ban adalah 175/65 R14 82H, maka dua kode terakhir tersebut yang dimaksud.

Load index menggunakan kode angka dua digit. Sementara untuk speed indez, menggunakan kode atau simbol huruf. Jadi, pada contoh kode tersebut, 82 adalah load index dan H adalah speed index.

Daftar load index dan speed index ban.Kompasiana Daftar load index dan speed index ban.

Dengan mengetahui kode tersebut, pemilik kendaraan jadi bisa menyadari batas kecepatan dan beban yang dapat diterima oleh ban mobil. Sehingga, terhindar dari kecelakaan, seperti pecah ban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com