Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Macet, Hari Ini Diprediksi Jadi Puncak Arus Balik Long Weekend

Kompas.com - 28/02/2022, 08:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk, mencatat 347.711 kendaraan pergi meninggalkan Jabotabek pada libur panjang Isra Miraj, (25-26/2/2022). Jumlah tersebut naik 27,12 persen dibanding kondisi lalu lintas normal sebanyak 273.539 kendaraan.

Total kendaraan tersebut didapat berdasarkan data pada empat Gerbang Tol (GT) Utama, yakni Cikupa, Ciawi, Cikampek dan Kalihurip untuk yang mengarak ke Bandung dan Trans Jawa.

Melihat tingginya tren kendaraan yang keluar, maka potensi kepadatan saat arah balik besar kemungkinan terjadi.

Baca juga: Libur Panjang, 347.711 Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

 

Karena itu, Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru mengimbau, agar masyarakat yang melakukan perjalanan dapat mengatur waktu kembali ke Jabotabek.

GT Cikampek Utama JASA MARGA GT Cikampek Utama

Pengguna jalan diharapkan untuk menghindari pulang pada waktu yang bersamaan pada Senin (28/2/2022), yang diprediksi jadi puncak arus balik libur Isra Miraj tahun ini.

"Dengan meningkatnya lalu lintas di jalan tol, kami mengimbau pengguna jalan selalu berkendara dengan aman sesuai peraturan yang berlaku. Salah satunya, aturan batas kecepatan di jalan tol yang harus dipatuhi sesuai dengan rambu lalu lintas yang terpasang di masing-masing ruas jalan tol," ujap Heru dalam keterangan resminya, Minggu (27/2/2022).

Selain pentingnya antisipasi pengendara, Heru juga meminta pengemudi memastikan kondisi kendaraan yang digunakan dan tak memaksakan untuk terus berjalan ketika lelah atau mengantuk.

Bersama dengan kepolisian, Jasa Marga terus berkoordinasi untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas, seperti contraflow dan penempatan petugas di lokasi rawan kepadatan.

Baca juga: Cara Unik Isi Udara Ban dengan Api, Amankah?

Arus lalu lintas kendaraan di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, kembali padat pada hari kedua libur panjang atau Minggu (27/2/2022) siang.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Arus lalu lintas kendaraan di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, kembali padat pada hari kedua libur panjang atau Minggu (27/2/2022) siang.

Untuk Pemberlakuan contraflow pada arus balik di antaranya untuk menghindari kepadatan pertemuan dua lalu lintas Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta di Km 66, serta kepadatan jelang akses masuk dan keluar rest area Km 62 dan Km 52.

"Kami juga membatasi pekerjaan proyek di jalan tol yang berpotensi mengganggu lajur, termasuk pekerjaan mobilisasi peralatan. Rencanakan perjalanan sebelum mulai berkendara," ucap Heru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com