Rumors Yamaha Siapkan Teknologi Hybrid buat Motor Matik TMAX

Kompas.com - 28/02/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Usai meluncurkan motor hybrid Fazzio, Yamaha bersiap untuk mengenalkan motor hybrid sungguhan. Diketahui bahwa motor terbaru Yamaha bakal mengusung dua dapur pacu, yakni mesin bakar internal dan penggerak listrik sekaligus.

Disitat dari Visor Down (27/2/2022), Yamaha dikabarkan bakal mengembangkan sistem hybrid pada TMAX. Rumors menyatakan, pabrikan berlogo garpu tala sudah mengajukan paten sistem hybrid untuk skuter matiknya.

Sebuah gambar paten tersebut dilaporkan bocor, serta mengisyaratkan beberapa detail penting mengenai sistem hybrid pada motor matik TMAX.

Baca juga: Cara Unik Isi Udara Ban dengan Api, Amankah?

Yamaha Tmax 2022Foto: Visordown Yamaha Tmax 2022

Yamaha diketahui menyusun dua paten berbeda pada skuter matiknya, yakni sistem hybrid yang membantu poros engkol dan penggerak hybrid untuk transmisi.

Pada sistem pertama, Yamaha TMAX bakal menggunakan mesin pembakaran internal dan motor listrik.

Nantinya penggerak listrik itu akan terhubung langsung dengan poros engkol. Sedangkan sistem kedua dipasangkan ke lengan ayun dan sistem transmisi motor.

Baca juga: Ini Helm Mahal yang Dipakai Ariel NOAH Saat Naik Suzuki Shogun

Yamaha Tmax 2022Foto: Visordown Yamaha Tmax 2022

Dalam pengembangan motor hybrid pada jenis skuter matik, Yamaha beralasan bahwa motor ini bakal lebih populer di pasar internasional sebagai kendaraan roda dua premium.

Kemungkinan motor matik TMAX dipilih sebagai basis untuk sistem hybrid karena memiliki ruang penyimpanan yang cukup di bawah jok. Hal ini pula yang memungkinkan produsen menaruh baterai dan sistem motor listrik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.