Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumors Yamaha Siapkan Teknologi Hybrid buat Motor Matik TMAX

Kompas.com - 28/02/2022, 10:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Usai meluncurkan motor hybrid Fazzio, Yamaha bersiap untuk mengenalkan motor hybrid sungguhan. Diketahui bahwa motor terbaru Yamaha bakal mengusung dua dapur pacu, yakni mesin bakar internal dan penggerak listrik sekaligus.

Disitat dari Visor Down (27/2/2022), Yamaha dikabarkan bakal mengembangkan sistem hybrid pada TMAX. Rumors menyatakan, pabrikan berlogo garpu tala sudah mengajukan paten sistem hybrid untuk skuter matiknya.

Sebuah gambar paten tersebut dilaporkan bocor, serta mengisyaratkan beberapa detail penting mengenai sistem hybrid pada motor matik TMAX.

Baca juga: Cara Unik Isi Udara Ban dengan Api, Amankah?

Yamaha Tmax 2022Foto: Visordown Yamaha Tmax 2022

Yamaha diketahui menyusun dua paten berbeda pada skuter matiknya, yakni sistem hybrid yang membantu poros engkol dan penggerak hybrid untuk transmisi.

Pada sistem pertama, Yamaha TMAX bakal menggunakan mesin pembakaran internal dan motor listrik.

Nantinya penggerak listrik itu akan terhubung langsung dengan poros engkol. Sedangkan sistem kedua dipasangkan ke lengan ayun dan sistem transmisi motor.

Baca juga: Ini Helm Mahal yang Dipakai Ariel NOAH Saat Naik Suzuki Shogun

Yamaha Tmax 2022Foto: Visordown Yamaha Tmax 2022

Dalam pengembangan motor hybrid pada jenis skuter matik, Yamaha beralasan bahwa motor ini bakal lebih populer di pasar internasional sebagai kendaraan roda dua premium.

Kemungkinan motor matik TMAX dipilih sebagai basis untuk sistem hybrid karena memiliki ruang penyimpanan yang cukup di bawah jok. Hal ini pula yang memungkinkan produsen menaruh baterai dan sistem motor listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com