Kompas.com - 26/02/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comKaroseri di Indonesia saat ini terus melakukan inovasi mengenai angkutan penumpang, terutama bus. Salah satu produk inovasi terbaru dari karoseri di Indonesia adalah Jetbus Transit buatan Adiputro.

Jetbus Transit pertama kali diperlihatkan melalui unggahan Instagram Karoseri Adiputro pada pertengahan 2021. Jetbus Transit adalah medium bus dengan lantai rendah (low deck) sehingga membuatnya ramah pengguna kursi roda.

Belum lama ini, Jetbus Transit dites melayani rute Batik Solo Trans (BST) selama satu bulan, dari Januari sampai Februari 2022.

Baca juga: Kurangi Kecelakaan, Transjakarta Bikin Tempat Istirahat buat Sopir Bus

Jetbus Transit buatan Adiputro sedang diuji coba di SoloDOK. ADIPUTRO Jetbus Transit buatan Adiputro sedang diuji coba di Solo

Lalu bagaimana ide awal Karoseri Adiputro membuat Jetbus Transit?

David Jethrokusumo, Operational Manager PT Adiputro Wirasejati mengatakan, Karoseri Adiputro mengembangkan medium bus dengan sasis monokok sejak 2021. Ada dua ide yang melatarbelakangi pengembangan bodi bus berukuran sedang tersebut.

“Pertama, kita mengerti kalau tidak semua jalan bisa diakses bus besar. Oleh karena itu, kita coba kembangkan desain baru (Jetbus Transport), medium bus dengan sasis monokok,” ucapnya dalam Webinar Bus World ketujuh belum lama ini.

Baca juga: Bukan Pamer Moge, Indra Kenz Cuma Posting Vixion dan Scoopy

Kedua, Karoseri Adiputro ingin membuat bus yang punya fungsionalitas tinggi. Bodi Jetbus Transit punya lantai yang rendah, sehingga bisa membuat akses yang lebih mudah untuk kursi roda serta ada ruang khusus di kabinnya.

“Kami mencoba untuk memfasilitasi orang dengan kebutuhan khusus,” kata David.

David mengungkapkan kalau bodi bus medium monokok ini juga ingin dikembangkan menggunakan energi yang lebih bersih (electric bus). Namun, ada sedikit kendala mengenai beban yang diizinkan untuk ukuran bus medium.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.