Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Penumpang, Bangku Bus Sekarang Makin Lebar

Kompas.com - 25/02/2022, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBus merupakan salah satu pilihan bepergian jarak jauh lewat jalur darat. Oleh karena itu, bus yang memiliki rute jauh biasanya menawarkan berbagai kelas, mulai dari ekonomi, sampai eksekutif.

Semakin tinggi kelas layanannya, bangku yang disediakan pun semakin nyaman. Bahkan untuk bus dengan susunan bangku 2-2 saat ini sudah semakin lebar, sehingga membuat lorongnya sempit.

Yohan Wahyudi, Marketin Rimba Kencana yang membuat bangku bus Hai mengatakan, perusahaan bus terutama antar kota saat ini kerap memesan bangku yang lebar walaupun memang harus mengorbankan lorong.

Baca juga: DAMRI Operasikan Bus AKDP Banyuwangi - Surabaya, Tarif Mulai Rp 50.000

Kabin bus PO PMHDOK. LAKSANABUS Kabin bus PO PMH

“Untuk kenyamanan penumpang yang pasti, makanya pesan yang lebih lebar. Bangku yang lebar ini juga tentunya nyaman terutama untuk penumpang yang ukurannya besar,” ucap Yohan kepada Kompas.com, Jumat (25/2/2022).

Yohan mengatakan, semenjak pandemi, rata-rata perusahaan bus memesan bangku yang lebar, demi meningkatkan kenyamanan penumpang. Selain itu, jika melakukan perjalanan panjang, penumpang jarang pergi dari bangkunya.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Toyota yang Dapat Insentif PPnBM

Penumpang cenderung istirahat, tidur, atau diam, menikmati bangkunya,” kata Yohan.

Sedangkan untuk bus-bus pariwisata, rata-rata ukuran bangkunya sedikit lebih kecil. Dengan begitu, kabin bus bisa dimuat lebih banyak bangku dan penumpang bisa leluasa berjalan di tengah-tengah kabin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com