Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurangi Kecelakaan, Transjakarta Bikin Tempat Istirahat buat Sopir Bus

Kompas.com - 25/02/2022, 14:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Demi mengurangi tingkat kelelahan yang dirasakan pengemudi bus, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mendirikan tempat istirahat di beberapa halte secara bertahap.

Mochammad Yana Aditya, Direktur Utama PT TransJakarta, mengatakan, tempat istirahat itu bisa digunakan oleh setiap pengemudi bus Transjakarta.

Hal ini juga dilakukan untuk meminimalisir bahaya kecelakaan yang kerap menimpa bus Transjakarta akhir-akhir ini.

Baca juga: Senjata Lampu Sorot Bus DAMRI yang Bertugas di Kalimantan

Bus Transjakarta menabrak separator jalur di Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Senin (6/12/2021).Dokumentasi Pribadi Bus Transjakarta menabrak separator jalur di Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Senin (6/12/2021).

“Siapapun yang ada di tempat ini silahkan beristirahat di sini,” ujar Yana, disitat dari Antara (24/2/2022).

Menurutnya, secara bertahap pihaknya bakal membangun tujuh tempat istirahat buat para pengemudi.

Lokasinya antara lain berada di halte Ragunan dan Blok M di Jakarta Selatan, di halte Pulogadung dan Pinang Ranti di Jakarta Timur, lalu halte Kalideres di Jakarta Barat, dan halte Ancol di Jakarta Utara, serta di Puri Beta Kota Tangerang.

Baca juga: Tarif Tol Dalam Kota Naik Mulai 26 Februari, Ini Daftar Kenaikannya

Penumpang turun dari bus Transjakarta di Halte Budaran Hotel Indonesia, Jakarta, Selasa (17/3/2020). PT Transjakarta akan menambah rute perjalanan menjadi 123 rute dan menambah jam operasional, hal ini untuk mengurangi antrean panjang yang terjadi di beberapa halte pada Senin (16/3/2020) kemarin.ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT Penumpang turun dari bus Transjakarta di Halte Budaran Hotel Indonesia, Jakarta, Selasa (17/3/2020). PT Transjakarta akan menambah rute perjalanan menjadi 123 rute dan menambah jam operasional, hal ini untuk mengurangi antrean panjang yang terjadi di beberapa halte pada Senin (16/3/2020) kemarin.

“Pembangunan tujuh tempat istirahat itu dilaksanakan pada tahun 2022. Kami targetkan bisa selesai pada September mendatang,” kata Yana.

Yana juga mengatakan, saat ini pihaknya telah meresmikan tempat istirahat bagi pengemudi di halte Ragunan. Dalam waktu dekat, rencananya tempat istirahat di halte Pulogadung juga bakal diresmikan.

Soal pemilihan tempat istirahat, menurutnya, berdasarkan prioritas sesuai dengan rekomendasi dari KNKT.

“Kita ingin membangun semua, tapi ada tahapannya. Kenapa ada di sini karena berdasarkan prioritas, rekomendasi KNKT,” ucap Yana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com