Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus PO SAN Dimodifikasi, Pakai Gaya Turki

Kompas.com - 26/02/2022, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comModifikasi bus di Indonesia memang tidak ada habisnya. Misalnya dahulu mungkin kenal dengan klakson telolet, lalu sekarang beberapa bus menggunakan lampu LED warna-warni di sekujur bodinya.

Ada satu modifikasi yang bisa dibilang pertama dilakukan operator bus di Indonesia, yakni dengan mengecat dinding ban. Modifikasi ini dilakukan pada armada PO SAN dengan rute Pekanbaru yang menggunakan bodi Legacy SR2 XHD Prime S Series.

Dikutip dari video yang diunggah ke akun Instagram bobbysatria535, terlihat proses pengecatan dinding ban. Pertama adalah memasang selotip dan mengitari bagian atas dinding ban, kemudian dicat dengan warna putih.

Baca juga: Keuntungan Bus dan Truk Pakai Pelek Aluminium

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bobby Satria (@bobbysatria535)

 

Hasilnya, ban menjadi punya tampilan yang berbeda, ada lingkaran putih. Mungkin dikenal juga dengan ban white wall yang biasa digunakan pada mobil-mobil klasik bergaya Amerika.

Namun, modifikasi seperti ini sudah awam ditemui pada bus-bus yang beroperasi di Turki. Gaya modifikasi ban yang punya warna putih di dindingnya ditambah dengan tampilan bodi penuh krom yang menjadikan bodi bus terlihat klimis.

Menanggapi modifikasi pada armadanya, Kurnia Lesani Adnan, Direktur Utama PO SAN hanya mengatakan kalau modifikasi tersebut hanya iseng saja.

Baca juga: Catat, Ini 7 Pelanggaran yang Diincar di Operasi Keselamatan Jaya 2022

Modifikasi bus PO SAN dengan mengecat putih dinding banINSTAGRAM/BOBBYSATRIA535 Modifikasi bus PO SAN dengan mengecat putih dinding ban

“Itu modifikasinya enggak gimana-gimana sih, iseng aja,” ucap pria yang akrab disapa Sani kepada Kompas.com, Jumat (25/2/2022).

Sebelumnya, operator bus di Kalimantan Barat yakni PO Kapuas Raya Ekspress juga melakukan modifikasi yang serupa. Bedanya, bus berkelir hitam miliknya hanya mengecat putih pada tulisan merek dan jenis ban yang digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com