Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Terjang Hujan Es, Apakah Kaca Depannya Bisa Pecah?

Kompas.com - 22/02/2022, 17:31 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Fenomena hujan es disertai angin kencang belum lama ini terjadi di daerah Surabaya dan sekitarnya. Selain itu, peristiwa ini berpeluang terjadi kembali beberapa hari ke depan.

Dikutip dari Kompas Sains, Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Sidoarjo Jawa Timur Teguh Tri Susanto mengatakan, fenomena hujan disertai es dan angin kencang masih berpeluang terjadi di Surabaya-sekitarnya dalam beberapa hari ke depan.

"Masih bisa. Karena masih dalam fase puncak musim penghujan," ucap pria yang akrab disapa Toto kepada Kompas.com, senin (21/2/2022).

Baca juga: Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat Berkendara di Musim Hujan

Berkendara di saat hujanKompasOtomotif Berkendara di saat hujan

Lalu bagaimana jika es dari hujan tersebut mengenai kaca depan kendaraan, apakah bisa sampai rusak?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, rusak atau tidaknya kaca depan ketika mobil menabrak hujan es tergantung dari kekerasan esnya.

“Kalau keras dan ada bagian yg tajam, bisa membuat gompal atau retak kaca depan mobil,” ucap Didi kepada Kompas.com, Selasa (22/2/2022).

Baca juga: Tanggapan Asosiasi Pengemudi Truk Soal Modus Kernet Ditinggal Sopirnya

Gompal di sini maksunya adalah kaca depan yang seperti terkelupas, tidak sampai retak. Tapi kejadian kaca depan mobil yang retak karena hujan es masih tidak lebih sering daripada terkena batu.

“Banyak kejadian kaca retak akibat lemparan batu dari jalan dan terkena putaran ban,” ucap Didi.

Selain itu, kaca depan mobil menggunakan model tempered, sehingga ketika pecah, menjadi kepingan kecil yang aman. Namun perlu diperhatikan jika retakan kaca menghalangi pandangan pengemudi, maka harus segera diganti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com