Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat Berkendara di Musim Hujan

Kompas.com - 17/02/2022, 14:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor menjadi teman untuk menemani aktivitas sehari-sehari karena dianggap lebih praktis dan efisien. Namun kondisi cuaca di beberapa wilayah mulai tak menentu, kadang cerah namun kadang juga hujan.

Pada saat musim hujan, pengendara sepeda motor juga harus memperisapkan beberapa perlengkapan tambahan. Beberapa perlengkapan yang harus disiapkan ketika akan berkendara di musim penghujan di antaranya adalah jas hujan setelan, jas hujan sepatu, dan sarung tangan daya serap air rendah.

Baca juga: Skema Kredit Honda Vario 160, DP Rp 3 Jutaan, Cicilan dari Rp 1 Jutaan

Promotion Department Head PT Daya Adicipta Motora (DAM) Demmy Firmansyah menjelaskan, perlengkapan tersebut bertujuan untuk melindungi tubuh kita dari terpaan air hujan secara langsung apabila kita terpaksa harus tetap berkendara ketika hujan mulai turun.

“Namun bukan berarti dengan hujan yang sangat deras masih berkendara dengan menggunakan perlengkapan tersebut. Jika hujan dengan intensitas yang terlalu besar dan mengurangi visibilitas kita dalam berkendara maka sebaiknya kita meneduh ditempat yang lebih aman dan menunggu hingga hujan lebih reda,” kata Demmy dalam keterangannya, Kamis (17/2/2022).

Jas hujan sepatu sebagai salah satu perlengkapan yang harus dibawa pengendara sepeda motor pada saat hujan.PT Daya Adicipta Motora Jas hujan sepatu sebagai salah satu perlengkapan yang harus dibawa pengendara sepeda motor pada saat hujan.

Beberapa perlengkapan tambahan yang diperlukan pada saat berkendara di musim hujan yakni sebagai berikut:

1. Jas Hujan Setelan

Jas hujan yang baik adalah jas hujan stelan dengan bagian atasan dan bawahan yang terpisah, bukan jas hujan ponco yang besar dengan warna yang cerah atau terdapat garis warna terang pada jas hujan yang dapat menyala apabila terkena lampu dari pengendara lain.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Diaspal Ulang, Paling Lambat Selesai 10 Maret 2022

2. Jas Hujan Sepatu

Jas hujan sepatu atau shoes raincoat dapat melindungi sepatu kita agar tetap kering meski berkendara dalam keadaan hujan.

“Untuk ini pemilihannya harus tepat, kita harus memastikan bahwa ukurannya tidak terlalu besar dan bagian telapaknya haruslah bahan yang tidak licin ketika kita menapakkan kaki di jalan raya,” ucap Demmy.

3. Sarung Tangan

Sebaiknya pada kondisi cuaca musim hujan, disarankan menggunakan sarung tangan yang memiliki daya serap air rendah dan harus tetap menutupi seluruh ruas jari tangan pengendara. Sarung tangan yang miliki daya serap air rendah akan memberikan kenyamanan saat dipakai dan tidak licin saat harus mearik tuas gas.

Ilustrasi jas hujanKompas.com/Donny Ilustrasi jas hujan

Paling penting adalah, mengendarai sepeda motor pada saat musim hujan juga perlu ekstra hati-hati. Selain jalanan yang lebih licin, adanya jalan berlubang tentunya akan mengganggu dan membahayakan pengendara.

Baca juga: Ducati Kembali Diserang Pabrikan Lain, Minta Perangkatnya Dilarang

Pengendara harus selalu mempersiapkan segala kemungkinan potensi bahaya yang akan terjadi di jalan raya. Pemilik kendaraan juga harus selalu membawa perlengkapan yang diperlukan dalam keadaan-keadaan tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com