Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat Berkendara di Musim Hujan

Kompas.com - 17/02/2022, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor menjadi teman untuk menemani aktivitas sehari-sehari karena dianggap lebih praktis dan efisien. Namun kondisi cuaca di beberapa wilayah mulai tak menentu, kadang cerah namun kadang juga hujan.

Pada saat musim hujan, pengendara sepeda motor juga harus memperisapkan beberapa perlengkapan tambahan. Beberapa perlengkapan yang harus disiapkan ketika akan berkendara di musim penghujan di antaranya adalah jas hujan setelan, jas hujan sepatu, dan sarung tangan daya serap air rendah.

Baca juga: Skema Kredit Honda Vario 160, DP Rp 3 Jutaan, Cicilan dari Rp 1 Jutaan

Promotion Department Head PT Daya Adicipta Motora (DAM) Demmy Firmansyah menjelaskan, perlengkapan tersebut bertujuan untuk melindungi tubuh kita dari terpaan air hujan secara langsung apabila kita terpaksa harus tetap berkendara ketika hujan mulai turun.

“Namun bukan berarti dengan hujan yang sangat deras masih berkendara dengan menggunakan perlengkapan tersebut. Jika hujan dengan intensitas yang terlalu besar dan mengurangi visibilitas kita dalam berkendara maka sebaiknya kita meneduh ditempat yang lebih aman dan menunggu hingga hujan lebih reda,” kata Demmy dalam keterangannya, Kamis (17/2/2022).

Jas hujan sepatu sebagai salah satu perlengkapan yang harus dibawa pengendara sepeda motor pada saat hujan.PT Daya Adicipta Motora Jas hujan sepatu sebagai salah satu perlengkapan yang harus dibawa pengendara sepeda motor pada saat hujan.

Beberapa perlengkapan tambahan yang diperlukan pada saat berkendara di musim hujan yakni sebagai berikut:

1. Jas Hujan Setelan

Jas hujan yang baik adalah jas hujan stelan dengan bagian atasan dan bawahan yang terpisah, bukan jas hujan ponco yang besar dengan warna yang cerah atau terdapat garis warna terang pada jas hujan yang dapat menyala apabila terkena lampu dari pengendara lain.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Diaspal Ulang, Paling Lambat Selesai 10 Maret 2022

2. Jas Hujan Sepatu

Jas hujan sepatu atau shoes raincoat dapat melindungi sepatu kita agar tetap kering meski berkendara dalam keadaan hujan.

“Untuk ini pemilihannya harus tepat, kita harus memastikan bahwa ukurannya tidak terlalu besar dan bagian telapaknya haruslah bahan yang tidak licin ketika kita menapakkan kaki di jalan raya,” ucap Demmy.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.