Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Periksa Isi Freon AC Mobil Pakai Sight Glass

Kompas.com - 29/04/2024, 11:12 WIB
Selma Aulia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - AC mobil menjadi salah satu komponen penting untuk kenyamanan berkendara, baik dalam kondisi cuaca panas atau hujan.

Maka dari itu, pemilik mobil melakukan perawatan dan pemeliharaan secara berkala, salah satunya dengan memastikan freon AC masih cukup.

Freon yang cukup akan membuat sistem AC bekerja dengan efisien dan memberikan pendingin yang optimal.

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service, mengatakan, ada cara pengecekan air freon mobil yang mudah dan bisa dilakukan sendiri oleh pemilik kendaraan di rumah.

Baca juga: Pole Position Pertama di Gresini, Marc Marquez Incar Podium di Jerez

Sight glass dapat membaca kondisi freonErwin Setiawan Sight glass dapat membaca kondisi freon

Dia mengatakan, salah satu komponen AC yang bisa digunakan untuk memeriksa adalah sight glass, namun tidak semua mobil punya.

Sight glass ini berbentuk seperti mata cincin, bulat dan menyatu dengan saluran AC. Dari mata kaca bentuk bulat tersebut dapat dilihat aliran freon yang sedang mengalir saat sistem AC bekerja.

“Kalau mobil yang ada sight glass-nya bisa dicek sendiri. Jika banyak gelembung berarti kurang freon,” kata Muchlis kepada Kompas.com, Sabtu, (27/4/2024).

Sementara, jika tidak ada gelembung sama sekali artinya kelebihan freon dan gelembung sedikit tanda bahwa freon cukup. Serta, saat melakukan pengecekan mesin mobil harus menyala dan AC on.

Baca juga: Berencana Beli Mobil, Simak Tips Ini


Muchlis juga mengatakan, jika mobil tidak ada sight glass-nya maka pengecekan tidak bisa dilakukan sendiri dan harus pakai alat.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan sight glass tidak ada pada mobil-mobil modern, karena sekarang dalam proses pengisian freon sudah menggunakan alat khusus.

“Mengisi freon zaman sekarang sudah menggunakan alat yang bisa menghitung masa freon, biasanya satuannya gram, antara 450 gram sampai 800 gram untuk mobil-mobil pribadi, menyesuaikan yang tertera pada kap mesin,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com