Kaca Mobil Pecah Kena Fenomena Hujan Es, Apakah Ditanggung Asuransi?

Kompas.com - 22/02/2022, 16:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Fenomena hujan es disertai angin kencang melanda di sejumlah wilayah di Indonesia. Salah satunya di sekitar Kota Surabaya, Jawa Timur. Bahkan fenomena ini masih berpeluang terjadi beberapa hari ke depan di beberapa daerah lainnya.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Sidoarjo Jawa Timur, Teguh Tri Susanto SSi MT kepada Kompas.com, Senin (21/2/2022).

Teguh Tri Susanto atau yang akrab disapa Toto mengatakan, fenomena hujan disertai es dan angin kencang masih berpeluang terjadi di Surabaya-sekitarnya dalam beberapa hari ke depan.

Baca juga: Fenomena Hujan Es di Surabaya Masih Berpeluang Terjadi, Ini Daftar Wilayah Waspada di Jawa Timur

Kaca mobil pecah akibat lemparan batu.Unsplash.com Kaca mobil pecah akibat lemparan batu.

"Masih bisa. Karena masih dalam fase puncak musim penghujan," kata Toto, dikutip dari Kompas Sains (22/2/2022).

Menanggapi kejadian ini, apakah pemilik yang telah membeli asuransi, bisa melakukan klaim atas kerusakan yang terjadi pada mobilnya?

Laurentius Iwan Pranoto, Head of Communication & Customer Service Management Asuransi Astra mengatakan, hal ini tergantung pada jenis dan tipe asuransi apa yang digunakan, serta perluasan atau manfaat tambahan yang diambilnya.

Baca juga: BMKG: Hujan Es Masih Berpotensi Terjadi Selama 2 Bulan ke Depan

Asuransi AstraIstimewa Asuransi Astra

“Bisa di-cover jika sudah memiliki perluasan jaminan terhadap bencana alam,” ujar Iwan, kepada Kompas.com (22/2/2022).

“Sehingga yang punya polis dicek sudah ada perluasan jaminan terhadap bencana alam atau belum. Jika belum, hubungi pihak asuransi untuk di-endorse,” kata dia.

Jika kendaraan telah dilindungi asuransi yang meliputi perluasan terhadap bencana alam, prosedur dapat dilanjutkan dengan menghubungi asuransi tersebut dan melengkapi beberapa form pengajuan.

Baca juga: Resmi, Ini Daftar Mobil yang Menerima Insentif PPnBM 2022

Ilustrasi berkendara saat hujan.Larmoyeux & Bone Ilustrasi berkendara saat hujan.

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan dokumen lain seperti kronologis kejadian polis beserta sertifikat STNK, BPKB, SIM, KTP, hingga foto kendaraan tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.