Hindari Begal, Sering Naik Motor Malam Pastikan Motor Sehat

Kompas.com - 16/02/2022, 19:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Naik motor malam hari sendirian penuh risiko. Jalan yang sepi dan gelap merupakan tempat ideal pelaku kejahatan seperti begal kendaraan bermotor beraksi.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, dalam berkendara ada dua hal yang mesti diperhatikan pertama prefentif dan kedua antisipatif.

Baca juga: ITDC Siap Benahi Sirkuit Mandalika, Jadwal MotoGP Tetap

Enam pelaku begal dengan modus tawuran saat berada di Polsek Sukarami Palembang, Rabu (9/2/2022).KOMPAS.COM/AJI YK PUTRA Enam pelaku begal dengan modus tawuran saat berada di Polsek Sukarami Palembang, Rabu (9/2/2022).

"Prefentif dilakukan sebelum perjalanan. Mereka harus punya perencananaan perjalanan. Sedangkan antisipatif adalah paska kita sudah memutuskan perjalanan itu mesti dijalankan," kata Jusri kepada Kompas.com, Rabu (16/2/2022).

Jusri mengatakan, di tingkat prefentif banyak yang mesti dilakukan pengendara motor. Mulai dari menentukan waktu perjalanan, rute yang dilalui hingga cara berpakaian.

"Hal itu mesti mempertimbangkan aspek keselamatan. Misalnya jalur yang dilalui dan cara berpakaian, apakah akan memancing (kejahatan) termasuk motor yang dibawa (dikendarai)," katanya.

Baca juga: BMW M2 CS Racing Dapat Tugas Jadi Safety Car MotoGP

Salah bengkel motor.Kontributor Gresik, Hamzah Arfah Salah bengkel motor.

Jusri mengatakan, satu hal yang mesti diperhatikan ialah soal kondisi motor itu sendiri. Naik motor malam sendirian maka pastikan motor sehat dan tidak bermasalah di jalan.

"Kondisi kendaraan juga mesti dipastikan, jangan sampai motor mogok di daerah yang rawan. Atau harus menunggu di warung tertentu, pikirkan respon tanggap darurat jika situasi yang tidak direncanakan," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.