Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hindari Begal, Sering Naik Motor Malam Pastikan Motor Sehat

JAKARTA, KOMPAS.com - Naik motor malam hari sendirian penuh risiko. Jalan yang sepi dan gelap merupakan tempat ideal pelaku kejahatan seperti begal kendaraan bermotor beraksi.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, dalam berkendara ada dua hal yang mesti diperhatikan pertama prefentif dan kedua antisipatif.

"Prefentif dilakukan sebelum perjalanan. Mereka harus punya perencananaan perjalanan. Sedangkan antisipatif adalah paska kita sudah memutuskan perjalanan itu mesti dijalankan," kata Jusri kepada Kompas.com, Rabu (16/2/2022).

Jusri mengatakan, di tingkat prefentif banyak yang mesti dilakukan pengendara motor. Mulai dari menentukan waktu perjalanan, rute yang dilalui hingga cara berpakaian.

"Hal itu mesti mempertimbangkan aspek keselamatan. Misalnya jalur yang dilalui dan cara berpakaian, apakah akan memancing (kejahatan) termasuk motor yang dibawa (dikendarai)," katanya.

Jusri mengatakan, satu hal yang mesti diperhatikan ialah soal kondisi motor itu sendiri. Naik motor malam sendirian maka pastikan motor sehat dan tidak bermasalah di jalan.

"Kondisi kendaraan juga mesti dipastikan, jangan sampai motor mogok di daerah yang rawan. Atau harus menunggu di warung tertentu, pikirkan respon tanggap darurat jika situasi yang tidak direncanakan," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/16/194100415/hindari-begal-sering-naik-motor-malam-pastikan-motor-sehat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke