BMW M2 CS Racing Dapat Tugas Jadi Safety Car MotoGP

Kompas.com - 16/02/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang dimulainya MotoGP 2022 yang akan digelar dalam waktu dekat, Dorna Sports memperkenalkan Safety Car terbarunya, yakni BMW M2 CS Racing. Mobil ini juga akan mencatatkan sejarah baru.

Untuk pertama kalinya, mobil balap akan digunakan sebagai lead car di MotoGP. Momen ini juga sekaligus untuk merayakan ulang tahun BMW M yang ke-50.

Baca juga: Evaluasi dan PR Sirkuit Mandalika Sebelum MotoGP 2022, Kondisi Aspal Paling Disorot

BMW M2 CS Racing MotoGP Safety CarDok. BMW M BMW M2 CS Racing MotoGP Safety Car

“M singkatan dari Motorsport, sesuatu yang kami garis bawahi dengan BMW M2 CS Racing MotoGP Safety Car yang baru,” kata Franciscus van Meel, CEO BMW M GmbH, dikutip dari MotoGP.com, Rabu (16/2/2022).

BMW M2 CS Racing MotoGP Safety CarDok. BMW M BMW M2 CS Racing MotoGP Safety Car

Franciscus menambahkan, BMW M GmbH menggabungkan mobil produksi berperforma tinggi dan motorsport di bawah satu atap. Untuk itu, memilih mobil balap dari jajaran BMW M Motorsport untuk menjadi Safety Car MotoGP yang baru dianggap sangat tepat.

"BMW M2 CS Racing telah sukses di berbagai kejuaraan dan sebagai mobil balap murni sangat cocok untuk memimpin lapangan sebagai Safety Car di puncak balap motor. Kami menantikan musim ke-24 kami sebagai 'Official Car of MotoGP' dan melihat BMW M2 CS Racing beraksi sebagai Safety Car untuk pertama kalinya di Qatar," kata Franciscus.

Baca juga: 3 Catatan Tes MotoGP Mandalika 2022, Honda Meningkat Yamaha Stagnan

BMW M2 CS Racing MotoGP Safety CarDok. BMW M BMW M2 CS Racing MotoGP Safety Car

CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta, mengatakan, dengan safety car menggunakan mobil balap sesungguhnya, BMW M sekali lagi menetapkan tolok ukur baru tahun ini. Momen ini juga merupakan bukti lebih betapa intensifnya BMW M GmbH membawa semangatnya untuk berkontribusi di MotoGP.

"Kami ingin mengucapkan selamat kepada BMW M pada hari jadinya yang ke-50 dan menantikan musim baru yang menyenangkan bersama-sama," ujar Carmelo.

Baca juga: Toyota Indonesia Kirim 600 Fortuner ke Australia Tahun Ini

BMW M2 CS Racing MotoGP Safety CarDok. BMW M BMW M2 CS Racing MotoGP Safety Car

BMW M2 CS Racing memiliki tenaga hingga 450 tk, tergantung dari versinya. Mobil ini juga dibekali mechanical limited-slip differential dengan pre-load dan pendinginan yang terpisah. Termasuk dengan bagian atap yang terbuat dari carbon. Untuk tugasnya sebagai Safety Car, M2 CS Racing hanya memerlukan sedikit modifikasi pada beberapa area.

Salah satu yang menjadi daya tarik dari mobil ini adalah livery yang digunakan. Desain livery ini merupakan gambaran dari ulang tahun ke-50 dan berdasarkan logo ulang tahun dari BMW M GmbH.

Baca juga: Akhirnya Diputuskan Sebagian Aspal Sirkuit Mandalika Dilapisi Ulang

BMW M2 CS Racing MotoGP Safety CarDok. BMW M BMW M2 CS Racing MotoGP Safety Car

Selain M2 CS Racing, deretan BMW M lainnya yang menjadi Safety Car adalah BMW M3 Competition Safety Car, the BMW M4 Competition Safety Car, the BMW M5 CS Safety Car, the BMW M8 Competition Gran Coupé Safety Car, BMW X5 M Competition Medical Car, dan dua unit BMW M 1000 RR Safety Bike. Mobil listrik BMW i4 M50 akan tetap menjadi Safety Car untuk MotoE.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.