Kelistrikan Mobil Bermasalah Meski Pakai Aki Baru, Cek Komponen Ini

Kompas.com - 02/02/2022, 19:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada mobil zaman sekarang, kelistrikan menjadi salah satu hal yang paling vital. Untuk itu, dibutuhkan aki dengan kondisi yang optimal.

Namun, ketika aki sudah diganti baru, tapi kelistrikan tetap bermasalah, perlu dilakukan pengecekan terhadap komponen lainnya.

Baca juga: Modifikasi Kelistrikan Mobil, Kabel Jadi Faktor yang Penting

Selain aki, komponen kelistrikan lainnya pada mobil yang bersifat krusial adalah alternator. Komponen ini berfungsi untuk pembangkit tenaga listrik yang menyuplai kebutuhan kendaraan.

Ilustrasi perawatan aki pada mobilpersonal.neacelukens.com Ilustrasi perawatan aki pada mobil
Ilustrasi perawatan aki pada mobilpersonal.neacelukens.com Ilustrasi perawatan aki pada mobil

Alternator bekerja dengan cara mengubah tenaga kinetis menjadi tenaga listrik. Saat alternator menurun performanya, usia aki mobil bisa menjadi lebih pendek.

Setelah listrik disuplai ke semua komponen yang membutuhkan daya, maka aki tidak akan dapat menyuplai listrik lagi dengan baik. Dampaknya, mobil jadi susah dihidupkan alias mogok.

Baca juga: Mengenal 4 Kelistrikan pada Mobil

"Kalau di mobil lama, alternator rusak itu bisa diketahui dari lampu indikator aki menyala. Tapi sekarang, dengan adanya ECU, bisa saja lampu indikator mesin yang menyala," ujar Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Alternator mobilcarvaganza.com Alternator mobil

Saat alternator bermasalah, biasanya dapat dilihat dari lampu mobil yang akan terlihat redup saat mobil dalam keadaan diam (idle). Tapi, saat rpm tinggi, nyala lampu akan kembali terang.

Didi mengatakan, Banyaknya aksesori aftermarket yang dipasang di mobil juga bisa memengaruhi kinerja alternator. Sehingga, pengisian aki oleh alternator akan mengalami gangguan dan aki akan cepat melemah alias tekor.

"Alternator pada mobil sekarang ini sudah jauh lebih canggih dari yang dulu. "Kalau dulu, modelnya masih cut out atau terpisah. Sekarang ini, sudah built-in. Untuk perawatannya, yang penting memerhatikan pemakaian kelistrikannya," kata Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.