Tidak Terlihat, Filter AC Juga Perlu Dirawat

Kompas.com - 02/02/2022, 18:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu yang membuat mobil terasa nyaman adalah pendingin udara. Di dalamnya, terdapat filter kabin atau filter AC yang bertugas untuk menangkap debu dan kotoran.

Namun, karena letaknya yang tak terlihat membuat komponen ini jarang dirawat. Padahal, agar filter AC dapat bekerja secara maksimal, perlu sesekali dibersihkan.

Baca juga: Cara Gampang Merawat AC Mobil agar Tetap Dingin

Kepala bengkel Spesialis AC Rotary Bintaro Kelvin Ong, mengatakan, membersihkan filter AC mobil sangat mudah dilakukan. Pemilik mobil tinggal membuka boks filter AC, yang biasanya terletak di balik glove box.

Filter AC di kabin spaoto.com Filter AC di kabin

Untuk diketahui, cara membuka glove box tiap mobil mungkin berbeda-beda, tergantung pabrikannya. Untuk mengetahui caranya, bisa dengan melihat buku manual kendaraan.

“Membersihkan filter AC mobil di rumah paling bisa diketuk-ketuk saja, biarkan debunya turun,” ujar Kelvin, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ciri-ciri Komponen AC Mobil Harus Diganti

“Kalau mau dicuci memang bisa bersih, tetapi pada akhirnya filter itu akan berbulu dan malah menghalangi angin,” kata Kelvin.

Ilustrasi membersihkan filter ACyoutube.com Ilustrasi membersihkan filter AC

Tapi, sebenarnya membersihkan filter AC dengan cara diketuk-ketuk tidak bisa bersih maksimal. Filter AC juga wajib diganti secara rutin, agar tetap dapat bekerja secara optimal.

Arditya Wicaktama, Channel Marketing Manager Bosch Automotive Aftermarket Indonesia mengatakan, filter kabin merupakan komponen yang harus diganti setiap 10.000 km.

Filter kabin yang kotor sudah tidak lagi mampu menyaring udara dengan optimal. Apabila dibiarkan, kualitas udara yang tersirkulasi dalam kendaraan justru bisa menimbulkan bau tidak sedap dan memicu gangguan kesehatan,” ujar Arditya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.