Kompas.com - 15/12/2021, 14:41 WIB
Mitsubishi Xpander terbaru. KOMPAS.com/ADITYO WISNUMitsubishi Xpander terbaru.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik kendaraan pasti tahu bahwa mobil dilengkapi dengan komponen kelistrikan. Tapi mayoritas pemahaman sistem elektronik baru sebatas lampu dan aki.

Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, mengatakan, sistem kelistrikan mobil dapat dibagi dalam empat kriteria, yaitu kelistrikan bagian luar, interior, mesin dan sistem keamanan kendaraan.

Baca juga: Akibat Buruk jika Tekanan Udara pada Ban Tidak Sesuai

Pertama electrical body atau eksterior pada bagian luar, mencakup penerangan dan peringatan.

Penerangan meliputi lampu utama, lampu kota, dan lampu kabut yang sifatnya untuk penerangan bagian luar. Adapun peringatan, elektrikal ini meliputi lampu sein, lampu mundur, setop, dim, dan klakson.

Mitsubishi New Xpander CrossKOMPAS.com/STANLY RAVEL Mitsubishi New Xpander Cross

"Kita coba belah satu persatu. Bagian elektrikal bodi, untuk elektrikal bodi di dalam sebuah kendaraan kita selalu bagi dua tipe kabel yakni body harness dan engine harness. Body harness adalah kabel yang berhubungan dengan kelistrikan, lampu, power steering, sound system. Itu semua body harness," kata Rifat dalam telekonferensi Mitsubishi, Selasa (14/12/2021).

"Untuk engine harness itu berhubungan dengan penggerak yakni engine dan gearbox. Ini adalah sistem kelistrikan yang berhubungan dengan ECU, otak dari mobil kita," katanya.

Kedua, electrical interior. Terdapat beberapa bagian di antaranya yaitu penerangan kabin atau lampu di kabin. Kemudian MID, system entertainment, USB port, pemantik buat rokok, panel AC, power window dan sebagainya.

"Electrical interior ini bagian dalam mobil. Ini memang bagian dari body harness. Cuma bagian dalamnya saja. Ini saya mungkin harus menyampaikan lebih detail karena di sistem kelistrikan yang suka banyak gangguan. Suka banyak yang modifikasi audio, aksesoris, chargernya banyak dan inverter. Sementara kendaraan itu sudah punya teknologi, satu kabel bodi untuk keseluruhan," kata Rifat.

Baca juga: Viral Video Ular Bersarang di Ruang Mesin Mobil Polisi, Ini Cara Mencegahnya

Mitsubishi New Xpander CrossKOMPAS.com/STANLY RAVEL Mitsubishi New Xpander Cross

Ketiga, electrical engine. Pada bagian mesin terdapat beberapa sistem kelistrikan di antaranya yaitu starter, pengisian, pengapian, injeksi, dan common rail system buat mobil diesel.

"Ini kategori engine harness. Saya rekomen sekali spesifikasi engine harness mohon jangan dimodifikasi karena sistem engine harness akan sangat memengaruhi performa kendaraan," kata Rifat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.