Bahaya Mengemudi di Jalan Tol Saat Hujan dan Angin Kencang

Kompas.com - 02/02/2022, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi cuaca di Indonesia memang sedang tidak menentu. Kadang ketika pagi sampai siang panas terik, namun saat masuk sore, hujan badai serta angin kencang turun.

Kondisi cuaca seperti hujan angin tentu memengaruhi cara mengemudi. Misalnya seperti pada video yang diunggah akun zulfantriadji di Tiktok, terliha kendaraan sedang berjalan di Jalan Tol Surabaya-Probolinggo.

Berdasarkan komentar di unggahan tersebut, kejadiannya berlangsung pada hari Senin (31/1/2022) sekitar pukul 15.30 WIB. Terlihat pada video tersebut, mobil sedang berjalan di bawah hujan dengan angin yang kencang.

Baca juga: Tips Pilih Jas Hujan yang Aman, Pakai Warna Terang

@zulfantriadji Bismillah semoga semua selamat dari bencana amin allahuma amin.. #tol #surabaya #probolinggo #fyp #fyp??viral ? suara asli - Zulfan Tri Adji

 

Angin kencang ini bisa terlihat dari dedaunan dan ranting yang terbang hingga masuk ke jalan tol. Lalu bagaimana tips mengemudi ketika menemui kondisi cuaca seperti ini?

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre mengatakan, hal pertama yang perlu dilakukan pengemudi adalah mengurangi kecepatan kendaraan.

“Bila kita terlalu cepat, bisa saja mobil jadi kurang stabil karena terdorong angin. Kemudian, pastikan kita menyalakan lampu utama agar orang lain dapat melihat keberadaan kita,” ucap Marcell kepada Kompas.com, Rabu (2/2/2022).

Baca juga: Perbaikan Selesai, Sirkuit Mandalika Bebas Genangan Air

Dengan menyalakan lampu utama, lampu belakang turut menyala merah, sehingga kendaraan lain jadi lebih waspada. Kemudian, usahakan jangan berhenti di tengah jalan tol, sebaiknya di tempat aman seperti rest area.

“Banyak juga kejadian mobil yang berhenti di bahu jalan tertabrak mobil lain yang mendahului dari kiri. Apa lagi dalam kondisi hujan angin yang menyebabkan visibilitas menurun, jadi risikonya meningkat,” kata Marcell.

Terakhir, jangan panik, tetap tenang dan di dalam mobil. Kalau keluar mobil, pengemudi bisa terkena ranting atau barang yang berterbangan yang bisa membahayakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.