Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masalah Kelistrikan Jadi Sumber Utama Kebakaran Bus

Kompas.com - 05/12/2021, 17:31 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebakaran bus yang terjadi di ruas Tol Semarang-Solo Km 433, Sabtu (4/12/2021), menambah panjang daftar insiden bus yang terbakar pada tahun ini.

Bus bisa terbakar karena berbagai penyebab. Namun faktor terbesar ada pada kesalahan instalasi sistem kelistrikan.

Hal tersebut diungkapkan Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (5/12/2021).

Wildan menjelaskan, kemungkinan kebocoran sistem bahan bakar tetap ada, namun secara skala sangat kecil. Hal paling memungkinkan adalah timbulnya korsleting atau bahkan arcing alias lompatan arus listrik di udara pada jaringan kelistrikannya.

Baca juga: Bagaimana Nasib Hino RM 380?

"Saya belum pernah menemukan terbakarnya bus karena kebocoran sistem BBM ataupun overheat pada mesin. Kalau pada kendaraan pribadi, saya beberapa kali menemukan hal tersebut. Itu pun dipicu dari modifikasi, bukan kesalahan perakitan dari pabrikan," ujar Wildan.

Petugas saat melakukan proses pemadaman api yang membakar bus AKDP Sinar Mandiri, Rabu (24/3/2021).DOK SATLANTAS POLRES LAMONGAN Petugas saat melakukan proses pemadaman api yang membakar bus AKDP Sinar Mandiri, Rabu (24/3/2021).

Wildan melanjutkan, tiga syarat timbulnya api, yakni oksigen, percikan, dan material mudah terbakar, banyak ditemukan di kompartemen mesin dan baterai. Sumber percikan api yakni dari korsleting atau arcing yang telah disebutkan sebelumnya.

Dimulai dari kompartemen baterai, Wildan kerap menemukan kasus buruknya pemeliharaan baterai pada bus yang mengakibatkan munculnya korosi.

Baca juga: Tidak Perlu Repot Menghitung, Begini Cara Mudah Mengetahui Besaran Pajak Kendaraan

Lantas berkurangnya cairan baterai hingga di bawah ambang batas membuat pelat anoda dan katoda yang semula berfungsi sebagai penyimpan daya berubah jadi beban. Perubahan fungsi ini menyebabkan alternator lebih cepat panas.

Ilustrasi baterai atau aki bus yang sudah mengalami korosiAhmad Wildan Ilustrasi baterai atau aki bus yang sudah mengalami korosi

Ketika alternator mengalami overheat, suhunya bisa merusak belitan atau kumparan di sekitarnya sehingga bisa menimbulkan korsleting. Selain itu, overheat yang menyebabkan pemuaian komponen tersebut bisa saling bergesekan dan berisiko menimbulkan percikan api.

Beralih ke kompartemen mesin. Wildan mengungkapkan salah satu faktor api muncul dari sektor tersebut adalah pemasangan kabel yang sembarangan melintasi bagian dalam bodi bus dan rangkanya tanpa diproteksi dengan pelindung kabel.

Baca juga: Ekspor Meningkat, Produk DFSK Garapan Cikande Tembus 14 Negara

Dia juga menceritakan pengalamannya yang kerap menemui instalasi kabel dalam bodi bus hanya diikat pada rangka atau struktur logam lainnya bermodalkan kabel tis.

Petugas penyelamat bekerja di sekitar lokasi bus yang terbakar di jalan raya ekat esa Bosnek, selatan Sofia, Bulgaria,pada 23 November 2021. Sebanyak 45 orang termasuk anak-anak tewas dalam insiden itu.AFP PHOTO/DIMITAR KYOSEMARLIEV Petugas penyelamat bekerja di sekitar lokasi bus yang terbakar di jalan raya ekat esa Bosnek, selatan Sofia, Bulgaria,pada 23 November 2021. Sebanyak 45 orang termasuk anak-anak tewas dalam insiden itu.

Selain itu, penutup sambungan antar kabel hanya menggunakan isolasi atau lakban, bukan konektor yang standar.

Lokasi sambungan yang dekat dengan mesin bersuhu panas menyebabkan isolasi penutup sambungan kabel bisa dengan mudah mengelupas. Risiko korsleting dan arcing pun kembali menghantui.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com