Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Gaya, Jalan Umum Bukan Tempat untuk Cornering

Kompas.com - 02/02/2022, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pengendara sepeda motor yang masih ugal-ugalan di jalan raya. Salah satu yang kerap terjadi adalah menikung layaknya pebalap atau disebut juga dengan cornering.

Aksi menikung seperti itu tidak hanya membahayakan diri sendiri, tetapi juga pengguna jalan lainnya. Sebab, posisi motor yang miring berisiko ban depan tergelincir.

Baca juga: Pengendara Motor Nekat Nyaris Tertabrak Saat Cornering di Jalan Raya

Belum lama ini, beredar cuplikan video yang diunggah oleh akun Instagram @dashcam _owners_indonesia. Dalam video tersebut, terlihat seorang pengendara yang melaju dengan kecepatan tinggi sambil melakukan cornering.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

Meskipun, dalam video tersebut tidak terjadi kecelakaan, tetap saja aksi itu berbahaya. Sebab, motor melaju dengan kecepatan tinggi.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, kasus cornering ini sebenarnya sudah sering terjadi dan banyak memakan korban.

Baca juga: Cornering Sembarangan Motor Tabrakan Adu Banteng

"Kebanyakan dari mereka yang melakukan hal tersebut sebenarnya hanya ingin menyalurkan hobi balapnya. Namun, karena ketidakpahaman dan tempat yang memadai, jadi disalurkan di jalan raya,” kata Agus kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Pengendara motor Yamaha YZF-R15 yang menikung miring atau cornering di jalan raya dan terjatuhDok. @agoez_bandz4 Pengendara motor Yamaha YZF-R15 yang menikung miring atau cornering di jalan raya dan terjatuh

Agus menambahkan, cornering itu bukan hal yang bisa dilakukan sembarangan. Harus ada pengawasan dari pihak profesional karena dalam melakukan cornering membutuhkan teknik khusus.

Untuk itu, lebih baik melakukannya di tempat yang benar, yaitu sirkuit. Menikung di sirkuit juga tidak sembarangan, butuh teknik yang benar untuk melewatinya dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com